get app
inews
Aa Read Next : Maju Pilkada Sleman, Harda Kiswaya-Danang Maharsa Silaturahmi ke Muhammadiyah DIY

Siapa Yang Mau Mudik? Ini Tips Amannya

Kamis, 13 April 2023 | 21:54 WIB
header img
(Foto: Ilustrasi)

SLEMAN, iNewsSleman.id - Tidak ada kewajiban untuk mudik saat Idul Fitri, namun bagi sebagian orang, mudik menjadi tradisi yang sudah dilakukan secara turun temurun dalam keluarga. Namun, mudik kerap dijadikan momen untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga dan kerabat, menikmati liburan, menjalankan tradisi agama, membawa oleh-oleh, serta memperbaiki rumah atau memperbaharui tanaman di kampung halaman.

Berikut ini adalah beberapa tips mudik aman yang dapat membantu Anda dalam perjalanan pulang kampung:

Periksa kesiapan kendaraan. Sebelum berangkat, pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan siap digunakan untuk perjalanan jauh. Periksa bagian-bagian penting seperti ban, rem, kaca spion, lampu, dan lain-lain. Pastikan kendaraan Anda sudah menjalani perawatan dan servis rutin untuk meminimalkan risiko kerusakan di jalan.

Cek kondisi jalan. Periksa kondisi jalan yang akan dilalui, terutama jalan yang belum pernah dilewati sebelumnya. Pastikan jalan aman dan dapat dilalui dengan kendaraan Anda.

Siapkan perlengkapan berkendara yang diperlukan. Bawa perlengkapan berkendara seperti helm, sabuk pengaman, jaket atau jas hujan, dan obat-obatan yang mungkin diperlukan selama perjalanan.

Perhatikan waktu berangkat. Coba berangkat pada waktu yang tepat, hindari berangkat di malam hari atau saat cuaca buruk. Sebaiknya berangkat saat cuaca cerah dan terang.

Istirahat cukup sebelum berangkat. Pastikan Anda telah beristirahat cukup dan bugar sebelum memulai perjalanan. Jangan berkendara dalam kondisi lelah atau mengantuk.

Periksa kembali dokumen kendaraan dan identitas. Pastikan Anda membawa dokumen kendaraan dan identitas yang lengkap serta masih berlaku.

Hindari kelebihan beban. Pastikan barang bawaan tidak melebihi kapasitas kendaraan.

Patuhi rambu-rambu lalu lintas. Selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan jangan mengemudi terlalu cepat.

Berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT. Selalu berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan dan kelancaran dalam perjalanan.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun pandemi COVID-19, sudah sangat berkurang penyebarannya di Indonesia. Sebaiknya kita tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti aturan yang berlaku saat melakukan perjalanan. Jika memang tidak memungkinkan untuk mudik, ada alternatif lain seperti melakukan video call atau telepon dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman untuk tetap menjalin silaturahmi.

Editor : Ammar Mahir Hilmi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut