get app
inews
Aa Read Next : Kemenag DIY Dukung Penuh Bermain Bersama OASE KIM

Urais Kanwil Kemenag DIY Selenggarakan Peningkatan Kapasitas Revitalisasi KUA

Selasa, 06 Juni 2023 | 20:14 WIB
header img
Kegiatan Capacity Building Revitalisasi KUA dalam Pemenuhan dan Pengelolaan Sarana Prasarana, Selasa (6/6/2023) di Griya Persada Kaliurang, Sleman, (Foto Ist.)

SLEMAN, iNewsSleman.id - Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Muntolib membuka Capacity Building Revitalisasi KUA dalam Pemenuhan dan Pengelolaan Sarana Prasarana, Selasa (6/6/2023) di Griya Persada Kaliurang, Sleman. Kegiatan yang dihelat Bidang Urusan Agama Islam selama dua hari hingga Rabu (7/6/2023) ini diikuti 119 peserta dari Kanwil Kemenag DIY, Kakankemenag Kabupaten/Kota, KUA dan lintas sektoral lainnya.

Muntolib menegaskan bahwa informasi kekurangan sarana-prasarana di Kantor Urusan Agama (KUA) harus dilaporkan. Sebab tanpa adanya usulan dari KUA maka pengambil kebijakan tidak akan tahu. 

“Yang penting, revitalisasi KUA dapat benar-benar menyentuh masyarakat. Mempermudah aksesibilitas layanan,” pungkas Muntolib.

Di sisi lain, pihaknya mengakui bahwa KUA saat ini sedang mengalami keterbatasan sumber daya manusia.

“Solusi dari kami adalah mengusulkan formasi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) pada Oktober 2023 mendatang,” sambungnya.

Sebelumnya, Kabid Urais Jauhar Mustofa menyampaikan kegiatan ini berdasar KMA No 758 Tahun 2021 terkait Program Revitalisasi KUA.

“Sebanyak 34 KUA se-DIY sudah mendapat piloting Revitalisasi. Seluruh indikator dan instrumen sudah disampaikan melalui FGD di tiap KUA,” ujar Jauhar.

Jauhar menambahkan agar KUA se-DIY dapat menerapkan program revitalisasi, menyampaikan kendala yang terjadi di lapangan untuk meningkatkan pelayanan publik, selain itu kegiatan ini juga sebagai penyegaran bagi KUA. Ia juga mengingatkan Juni-Agustus 2023 akan disambangi tamu penilai yang menyamar jadi pengguna layanan.

“Semua KUA sudah kami dampingi, semoga dapat peringkat layak sebagaimana DNA KUA DIY yang selalu langganan juara nasional,” tutup Jauhar.

 

Editor : Fitriyani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut