get app
inews
Aa Read Next : 3.710 Pekerja di Sleman Ikuti Peringatan Hari Buruh dengan Jalan Santai

Bupati Sleman Dukung Langkah Preventif Stroke Melalui Program Hospital Ready Stroke

Sabtu, 02 September 2023 | 16:50 WIB
header img
Bupati Sleman Dukung Pelayanan Kegawatdaruratan yang Khusus Ditujukan Bagi Penderita Stroke, Kamis (31/8/2023). (Foto: Ist).

SLEMAN, iNewsSleman.id - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mendukung langkah cepat penanganan sroke serta pencegahan stroke melalui sosialiasi program Hospital Ready Stroke dengan tema “Time is Brain, Every Minute Counts” yang diselenggarakan RSUD Sleman di Kapanewon Mlati, Kamis (31/8/2023). 

Sosialisasi Program Hospital Ready RSUD Sleman ini dihadiri oleh perwakilan kader-kader kesehatan dari seluruh Kalurahan di Kapanewon Mlati. Kemudian menghadirkan tim dokter penanganan Stroke RSUD Sleman yakni dr. Dian Prasteyo dan dr. Eni Nurhidayati

Dalam arahannya, Bupati Sleman Kustini mengapresiasi sekaligus mendukung program yang diinisiasi RSUD Sleman dalam upaya menangani stroke dengan terapi trombolitik atau trombolisis. Ia menekankan pada upaya preventif atau pencegahan melalui berbagai cara, salah satunya pola makan dan pola hidup sehat.

“Saya mendukung program ini sebagai upaya mengedukasi masyarakat terkait penyakit Stroke dan langkah penanganan cepatnya apabila terjadi kepada orang di sekitar kita. Saya sekaligus berpesan kepada masyarakat khususnya Mlati agar terus melakukan langkah preventif stroke melalui pola hidup dan makan yang sehat,” ujarnya Bupati Kustini.

Lebih lanjut, Kustini berharap agar seluruh stakeholder kesehatan dan masyarakat dapat bersinergi bersama dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat lainnya dalam upaya preventif penyakit stroke. 

Wakil Direktur RSUD Sleman, Cholis Noor Mutaslimah mengatakan bahwa stroke merupakan penyakit degeneratif dan saat ini banyak diderita oleh masyarakat baik lansia hingga usia produktif. Dampaknya tidak hanya kepada penderita saja namun juga bagi keluarga hingga ekonomi. 

“RSUD Sleman berupaya melakukan sosialisasi kepada kader kesehatan mengenai bagaimana cara mencegah hingga penanganan stroke karena penyakit ini tidak hanya berdampak kepada penderita namun bagi keluarga hingga Ekonomi. Karena mencegah lebih penting dari pada mangobati,” tegas Cholis

Program sosialisasi ini dilakukan di 4 lokasi diantaranya Kapanewon Sleman, Kapanewon Mlati, Kapanewon Turi dan Kapanewon Tempel. Tidak hanya mengenai stroke, namun nantinya juga membahas cara pencegahan dan penanganan berbagai penyakit lainnya seperti kanker, jantung hingga gagal ginjal.

Editor : Bayu Arsita

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut