get app
inews
Aa Read Next : KAI Commuter Tambah 6 Perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur saat Libur Panjang Waisak

Libur Nataru, Jumlah Penumpang Commuter Line Yogya-Solo Diprediksi Naik 11 Persen

Jum'at, 22 Desember 2023 | 22:34 WIB
header img
Ilustrasi - Commuter Line Yogya-Solo. Foto: Instagram.

SOLO - Jumlah pengguna Commuter Line Yogya-Solo saat libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) diprediksi mencapai 365.000 penumpang. Jumlah naik 11 persen dibanding tahun sebelumnya sebanyak 330.000 orang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, masa angkutan Nataru ditetapkan mulai 20 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024. Pihaknya sebagai operator Commuter Line siap menyukseskan agenda angkutan Nataru tahun ini.

Sejumlah persiapan telah dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan meningkatnya pengguna jasa di sejumlah stasiun, baik dari segi operasional, sarana hingga fasilitas layanan pengguna.

“Khusus di wilayah VI Yogyakarta, pada masa angkutan Nataru ini, KAI Commuter akan mengoperasikan 30 perjalanan setiap hari terhitung mulai 21 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. Dengan penambahan 10 perjalanan pada hari kerja dan 6 perjalanan pada akhir pekan,” kata Anne Purba di Stasiun Solobalapan, Jumat (22/12/2023).

Dikatakannya, saat libur Nataru diperkirakan ada 800.000 hingga 1 juta orang akan datang ke Solo dan Yogyakarta. Pihaknya juga melihat traffic kereta jarak jauh, bandara dan lainnya, sehingga kemudian melakukan penambahan perjalanan menjadi 30.

“Kalau dari Solo jam 21.00 WIB untuk malam kereta terakhirnya. Kalau dari Yogya jam 22.00 WIB,” katanya.

Khusus di Solo, terjadi penyebaran penumpang setelah pihaknya mengaktifkan Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur. Sebelumnya, Stasiun Solobalapan menjadi stasiun padat karena mencapai 4.000 penumpang Commuter Line.

Setelah rute Commuter Line diperpanjang hingga Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur, kini jumlah penumpang di Stasiun Solobalapan menurun menjadi 2.000 orang. Diperkirakan, saat Nataru akan ada kenaikan penumpang melalui Stasiun Solo Balapan sebesar 8 persen.

Sebagai antisipasi kenaikan penumpang, pihaknya menambah gate dan petugas dan bekerja sama dengan customer service mobile dari komunitas, TNI/Polri, dan Basarnas agar perjalanan Nataru selamat, aman dan nyaman. Puncak jumlah penumpang saat Nataru berlangsung pada 26-31 Desember 2023. Sebab pada 2 Januari sudah mulai masuk kerja dan sekolah.

Dari rangkuman data volume pengguna Commuter Line Yogyakarta-Solo hingga Desember ini di angka 6.081.734 pengguna, dengan rata-rata di hari weekday sebesar 15.115 orang dan di hari weekend sebesar 21.849 orang.

Sedangkan untuk perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta-Kutoarjo PP tetap mengoperasikan 8 perjalanan setiap harinya. Jumlah volume Pengguna Prameks sampai minggu ketiga Desember di angka 43.763 dengan rata-rata pada weekday 2.121 orang dan weekend 2.699 orang.

“Kami memprediksi mobilisasi pengguna pada Nataru tahun ini sebesar 50.000 orang, atau naik 17 persen jika dibandingkan tahun lalu sebanyak 42.000 orang,” ucapnya.

Ditambahkannya, mulai 1 Desember 2023 akses keluar dan masuk Commuter line di Stasiun Yogyakarta sudah melalui hall baru di sisi timur yang terletak di Jalan Pasar Kembang. Dengan 15 unit gate elektonik dan faslitas layanan lainnya seperti kursi tunggu, charging booth, toilet dan musholla serta videotron sebagai informasi layanan.

KAI Commuter mengimbau masyarakat yang hendak bepergian menggunakan Commuter Line dan Commuter Line Lokal Prameks, utamakan keselamatan dan selalu ikuti arahan petugas. Pengguna yang membawa anak-anak, pastikan selalu dalam pengawasan dan penjagaan orang tua atau pendamping selama perjalanan.

 

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut