get app
inews
Aa Read Next : Persiba Bantul Gandeng Warung Mi Ayam Pak Sarmintul Jadi Sponsor Utama

3.320 Pelari Meriahkan COC Ultra 2024 di Pantai Selatan Bantul

Minggu, 25 Februari 2024 | 21:32 WIB
header img
Sejumlah peserta memasuki garis finish dalam COC Trail Run 2024 di Pantai Depok, Bantul Minggu (25/2/2024). (foto: kuntadi)

BANTUL, iNewssleman.id - Sebanyak 3.320 pelari meeriahkan gelaran Coazt to Coast Ultra 2024 yang digelar komunitas Trail Runner Jogja bekerja sama dengan Badan Otorita Borobudur di Laguna Pantai Depo, Bantul 24-25 Februari 2024. Event ini diikuti peserta dari 22 negara. 

Event ini telah digelar sejak 2015 silam. Ribuan pelari dari berbagai kota besar di Indonesia datang untuk memeriahkan kegiatan ini. Selain berolahraga mereka juga bersantai bersama keluarga sekaligus berwisata. 

"Lebih dari 3.000 pelari dari 22 negara yang ikut dalam kegiatan ini. Ada lima kategori, dari 80 K, 50K, 30K, 15K dan 5K,"kata Direktur Pemasaran Pariwisata BOB Harfiansah Bimantara, Minggu (25/2/2024). 

Menurutnya, Coast to Coast Ultra Trail run menjadi bagian sport tourism. Selain tujuan kebugaran, event olahraga dinilai membantu mengungkit perekonomian daerah. kegiatan kali ini mengusung tema khusus dengan mengusung budaya. Harapannya event lari ini tidak hanya mengungkit ekonomi warga tapi juga nilai-nilai budaya adiluhung.

“Coast to Coast Ultra 2024 mengangkat tema budaya dengan sub tema yaitu mitologi Nyi Roro Kidul. Tema ini dipilih tidak hanya sebagai metode untuk menarik lebih banyak peserta, tetapi juga untuk memperkenalkan nilai budaya yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta,” jelasnya.

BOB hadir dalam kegiatan ini karena ikut mendukung program pengembangan pariwisata. Spalagi Bantur merupakan salah satu daerah penyangga objek wisata Candi Borobudur. 

"Rute Trail Run menyuguhkan keindahan panorama pantai selatan Yogyakarta yang sangat indah. Harapannya destinasi wisata Bantul, DIY menjadi salah satu Kawasan wisata Borobudur, yang merupakan destinasi superprioritas yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan untuk kebangkitan wisata Indonesia," ujarnya.

Juara kedua kategori 80 K, Hendra Siswanto (44) mengaku bangga bisa meraih peringkat kedu. Dia datang dari Jakarta dan mampu menyelesaikan lari selama 10 jam. Sejak start pukul 16.00 WIB dia mampu finish pada pukul 02.34 WIB. 

"Sebelumnya saya sudah rutin berlari jarak jauh. Setiap akhir pekan bisa 100 kilometer atau 150 kilometer," katanya.

Menurutnya, untuk bisa memenangkan lomba kuncinya pada fisik. Dia banyak mengonsumsi buah-buahan. Dalam lomba ini dia hanya berhenti 2-5 menit saja. 

"Saya sudah sering ikut kejuaraan seperti ini. Bahkan pernah ikut 170 K," katanya.  

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut