get app
inews
Aa Read Next : Aelin Kusuma Dewi Kristianto, Pemilik Palm Ethnic Resto Grup yang Bersinar Bersama Gojek

Gojek Luncurkan GoTransit Terintegrasi Commuter Line Solo-Yogyakarta, Ini Keunggulannya

Sabtu, 27 April 2024 | 20:15 WIB
header img
Peluncuran GoTransit terintegrasi Commuter Line Solo-Yogyakarta yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu (27/4/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id Gojek meluncurkan pengembangan fitur baru GoTransit yang terintegrasi Commuter Line untuk wilayah Solo-Yogyakarta, Sabtu (27/4/2024). Masyarakat bisa memesan layanan GoRide untuk menuju maupun melanjutkan perjalanan dari stasiun, serta membeli tiket Commuter Line cukup dalam satu transaksi.

Peluncuran yang dilakukan perusahaan penyedia layanan on-demand dari PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk (BEI: GOTO) tersebut, dilakukan di Pura Mangkunegaran, Solo. Peluncuran disaksikan Pengageng Praja Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPPA) Mangkoenagoro X. 

“Sejak awal, DNA dari bisnis Gojek adalah menghadirkan solusi teknologi atas permasalahan sehari-hari masyarakat. Bertepatan dengan Adeging Mangkunegaran ke-267, kami meluncurkan fitur GoTransit terintegrasi, solusi pertama di dunia yang menghubungkan perjalanan ride-hailing dan transportasi publik,” kata Presiden Gojek, Unit Bisnis On-Demand Service GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo.

Dikatakannya, inovasi ini merupakan komitmen Gojek mendukung program pemerintah menyediakan layanan transportasi umum yang mudah diakses dan nyaman. Hal ini juga sejalan dengan strategi Grup GoTo dalam memperluas variasi produk serta meningkatkan basis pengguna.

Catherine mengungkapkan mengenai potensi pemanfaatan layanan GoTransit di wilayah Solo-Yogyakarta. Data internal Gojek selama 2023 menunjukkan, terdapat variasi tren perjalanan pengguna Commuter Line Solo-Yogyakarta yang memanfaatkan layanan Gojek setiap harinya.

Saat hari kerja, layanan Gojek menghubungkan pengguna Commuter Line Solo-Yogyakarta dengan area perkantoran hingga sekolah dan kampus. Sedangkan di akhir pekan, tempat-tempat yang berkaitan dengan pariwisata seperti area perhotelan hingga sentra belanja seperti Pasar Gede dan Pasar Klewer lebih mendominasi.

“Kami berharap kehadiran GoTransit dapat turut mendukung pertumbuhan ekonomi di Solo dan Yogyakarta berkat adanya kemudahan mobilitas,” ucapnya.

Lebih lanjut, inovasi  fitur journey planner di GoTransit dapat menjadi panduan perjalanan lengkap bagi pengguna, khususnya para wisatawan untuk mengetahui estimasi waktu perjalanan, rekomendasi rute dan lokasi stasiun yang dilalui. Di sisi lain, fleksibilitas pengguna dalam memilih rute juga dimungkinkan dengan fitur GoTransit edisi terbaru lewat pilihan Edit Stasiun. 


Peluncuran GoTransit terintegrasi Commuter Line Solo-Yogyakarta yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu (27/4/2024). Foto: Ist.

Selain kemudahan fitur, GoTransit juga menawarkan biaya perjalanan yang hemat untuk masyarakat yang melakukan perjalanan jarak jauh. Semakin hemat, pengguna dapat memanfaatkan kode promo GOSTASIUN untuk mendapatkan diskon perjalanan  hingga 90 persen.

Selain itu, waktu tempuh perjalanan juga lebih cepat karena terhubung dengan Commuter Line dan layanan GoRide. Lewat GoTransit, pengguna dapat merasakan perjalanan yang terintegrasi dengan lebih hemat, lebih cepat dan lebih mudah.

Sebelumnya, penelitian Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (PUSTRAL UGM) pada 2023 mengungkapkan pengguna GoTransit dapat menghemat waktu tempuh perjalanan sebesar 15 persen serta menghemat biaya hingga 27 persen dibanding pola perjalanan sebelumnya. Sebagai andalan masyarakat, GoTransit pun turut sukses menjadi kanal digital paling banyak yang menjual tiket Commuter Line, membuat penggunaan tiket digital meningkat hingga 300 persen.

Pengageng Praja Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkoenagoro X menyampaikan, selama angkutan lebaran 2024 jumlah penumpang Commuter Line mencapai 36.000 per hari. Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha menjadi faktor penting untuk meningkatkan konektivitas transportasi publik dan mendukung sektor pariwisata di kota Solo.

“Destinasi wisata kota Solo semakin tumbuh dan berkembang setiap tahunnya dengan berbagai pembangunan yang semakin kuat. Kami senang sekali bisa turut mendukung pergerakan yang positif dari GoTransit, semoga kedepannya upaya ini dapat menciptakan tren mobilitas baru yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, pelajar, dan wisatawan untuk bepergian di Solo,” ucap Mangkoenagoro X.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo Taufiq Muhammad menjelaskan, potensi ekonomi dua wilayah Solo-Yogyakarta, khususnya di bidang pariwisata sangat tinggi. Pihaknya mendukung dan mengapresiasi terciptanya transportasi publik yang terintegrasi lewat GoTransit, sehingga dapat turut mendorong sektor ekonomi kreatif daerah lewat kemudahan akses yang dihasilkan.

“Akses yang mudah merupakan modal awal yang penting untuk menciptakan perputaran ekonomi, dan kami apresiasi Gojek terkait itu,” kata Solo Taufiq Muhammad.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut