get app
inews
Aa Read Next : Fatayat NU Dorong Tokoh Perempuan Kulonprogo Maju Pilkada 2024

Modus Tawarkan Bantuan Sosial, Pencuri Gasak Uang Rp10 Juta

Kamis, 23 Mei 2024 | 19:42 WIB
header img
Cap : Polisi melakukan olah TKP kasus pencurian uang dengan modus memberikan bantuan di Kulonprogo. (foto: istimewa)

KULONPROGO, iNewssleman.id - Aksi pencurian dengan modus menawarkan bantuan sosial gegerkan warga Kulonprogo. Seorang warga kehilangan uang Rp10 juta, setelah kedatangan tamu yang berpura-pura menawarkan bantuan.

Aksi pencurian ini menimpa Djemirah (79) warga Ngaseman, Hargorejo, Kokap pada Rabu (15/5/2024). Namun kasus ini baru dilaporkan Kamis (23/5/2024).

Kasi Humas Polres Kulonprogo Akp Triatmi Noviartuti mengatakan, saat kejadian korban kedatangan tamu seorang laki-laki dan perempuan. Saat itu kedua pelaku menjanjikan akan memberikan bantuan kepada korban.

Untuk meyakinkan korban, pelaku mengajak korban berkeliling rumah untuk diambil fotonya. Hingga akhirnya pelaku perempuan mengajak korban ke dapur untuk mengalihkan perhatian. Sedangkan pelaku laki-laki masuk ke dalam rumah dan mengambil uang Rp10 juta yang disimpan dalam tas.

“Modus pencurian ini cukup unik. Pelaku menawarkan bantuan dan mengalihkan perhatian agar bisa mencuri barang berharga di rumah korban,” katanya.

Korban baru sadar telah ditipu usai pelaku pamit. Saat itu korban mengecek sofa tempat menarih barang dan dua tas tempat menyimpan uang Rp10 juta sudah tidak ada. Kasus ini kemudian dilaporkan ke Polsek Kokap untuk dilakukan penyelidikan.

“Kasus ini masih dalam penyelidikan. Petugas sudah melakukan olah TKP dan meminta keterangan dari sejumlah saksi,” ujarnya.

Polisi mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan tidak mudah tergiur dengan bantuan yang ditawarkan.   

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut