get app
inews
Aa Read Next : UMS Kembangan Aplikasi Psikoedukasi Pendidikan Seks Anak, Ini Manfaatnya

317 Tim Bertarung dalam Kontes Robot Indonesia 2024 di UMS Solo

Senin, 27 Mei 2024 | 18:13 WIB
header img
Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 yang digelar di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (27/5/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id – Sebanyak 317 tim dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia bertarung dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 yang digelar di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Para peserta mengikuti seleksi wilayah I dan II yang terbagi dalam 7 divisi lomba.

Kategori lomba terdiri atas Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI); Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI); Kontens Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) Humanoid; KRSBI Beroda; KRTMI dengan tema Robot Pemilah Sampah; serta Kontes Robot Bawah Air (KRBAI).

“Tahap pertama seleksi awal dan tahap kedua telah dilakukan. Sekarang ini adalah seleksi wilayah I dan II. Peserta kontes dilakukan secara online, juri berada di edutorium sini,” kata Rektor UMS Solo Prof Sofyan Anif di sela-sela pembukaan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 di Edutorium UMS, Senin (27/5/2024). 

Dikatakannya, KRI 2024 merupakan wujud penghargaan terhadap anak-anak bangsa yang memiliki talenta talenta hebat. Sekaligus menjadi pintu masuk bahwa Bangsa Indonesia memiliki arah yang jelas dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Setelah seleksi wilayah, tahap berikutnya adalah seleksi nasional pada Juli 2024 mendatang. Seleksi nasional ini nantinya juga akan digelar di UMS Solo dan digelar full offline.

Ketua Dewan Juri KRI 2024, Prof Benyamin Kusuma Putra mengatakan, KRTMI dengan robot pemilah sampah merupakan tema baru karena harus menggunakan Artificial Intelligence (AI).

Pihaknya sangat gembira karena peserta lomba divisi ini cukup banyak. Sehingga hal itu menunjukkan bahwa para mahasiswa sudah biasa menggunakan AI dalam pengambilan keputusan. Seleksi ini untuk menjaring peserta nasional. Dewan juri ada 10 orang antara lain berasal dari ITB, UGM, UI, ITS, dan Politeknik Negeri Bandung.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut