get app
inews
Aa Read Next : Pengobatan Gratis di Rail Clinic KAI Jangkau Ratusan Warga Solo

Daop 6 Yogyakarta Angkut 3,2 Juta Penumpang di Semester I Tahun 2024

Kamis, 11 Juli 2024 | 18:45 WIB
header img
Penumpang yang naik dan turun di stasiun wilayah Daop 6 Yogyakarta. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - KAI Daop 6 Yogyakarta telah mengangkut 3.284.261 penumpang kereta api (KA) selama semester I tahun 2024. Jumlah periode Januari hingga Juni 2024 tersebut, terjadi kenaikan penumpang sebesar 27,5 persen dibanding periode sama tahun 2023 sebanyak 2.574.687 orang.

Jumlah penumpang KA jarak jauh terbanyak terjadi pada April 2024 sebanyak 656.220 orang yang berangkat dari wilayah Daop 6 Yogyakarta. Stasiun Yogyakarta menjadi stasiun paling sibuk, di mana memberangkatkan1.373.740 penumpang.

“Diikuti Stasiun Lempuyangan 730.462 penumpang, Stasiun Solobalapan 586.912 penumpang, Stasiun Klaten 187.426 penumpang, dan Stasiun Purwosari 166.265 penumpang,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro, Kamis (11/7/2024).

Peningkatan kinerja angkutan penumpang menunjukkan bahwa moda transportasi menggunakan kereta api semakin diandalkan masyarakat. Guna mengakomodasi kenaikan pelanggan, Daop 6 Yogyakarta telah menyiapkan pelayanan yang optimal agar perjalanan selalu dalam keadaan nyaman, aman, dan selamat.

Pada Semester I, Daop 6 Yogyakarta melakukan peremajaan pada beberapa sarana KA dengan mengganti menjadi rangkaian jenis baru, yaitu Stainless Seel New Generation. Beberapa KA yang telah dilakukan peremajaan, di antaranya Taksaka, Lodaya, Banyubiru, Jaka Tingkir, Argo Lawu, dan Argo Dwipangga.

Tidak hanya dari sisi sarana, dari sisi prasarana Daop 6 juga terus berupaya untuk meningkatkan kenyamanan. Pada semester I, Daop 6 memulai beautifikasi Stasiun Yogyakarta dan Klaten untuk mengakomodasi peningkatan jumlah pelanggan serta meningkatkan pelayanan.

Fasilitas-faslitas di stasiun juga terus ditingkatkan, seperti mengganti kursi ruang tunggu penumpang menjadi lebih nyaman, khususnya bagi pelanggan dengan disabilitas. Bagi pelanggan yang membawa anak, pihaknya telah memperbarui fasilitas bermain anak di beberapa stasiun, seperti Yogyakarta, Solobalapan, Lempuyangan, dan Purwosari.

Masih di sisi prasarana, untuk menciptakan perjalanan KA yang lebih aman dan selamat, Daop 6 melakukan peningkatan berupa perpanjangan peron dan penggantian wesel di beberapa titik.

Kemudian dalam rangka memberikan nuansa baru di stasiun, khususnya Stasiun Solobalapan dan Yogyakarta, Daop 6 telah mengadakan kegiatan-kegiatan di noncommercial public space stasiun tersebut. Beberapa kegiatan yang telah terselenggara, seperti penampilan musik dari mahasiswa, pameran foto dari komunitas, donor darah dari universitas, penampilan tari-tarian, dan lain-lain.    

Daop 6 Yogyakarta akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dari berbagai sisi agar dapat mendukung kelancaran, kenyamanan, dan keselamatan pelanggan saat menggunakan moda transportasi KA.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan serta kesetiaan masyarakat yang telah memilih transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk mendukung mobilitas,” tuturnya.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut