get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Kerja, Pekerja Migran Indonesia Asal Kulonprogo Meninggal di Papua New Guinea

BKKBN DIY Gelar Peringatan Harganas ke-31 di Kulonprogo

Senin, 15 Juli 2024 | 21:12 WIB
header img
Kepala BKKBN DIY M Iqbal Apriansyah memberikan keterangan terkait acara peringatan Harganas ke-31, Senin (15/7/2024) (foto: kuntadi)

YOGYAKARTA, iNewssleman.id - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY akan menggelar peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 di Kabupaten Kulonprogo pada 19-21 Juli mendatang. Selain edukasi untuk mencegah stuting, nantinya juga akan digelar berbagai kegiatan dari jalan sehat, festival makanan hingga sarasehan bersama pelawak Kirun cs. 

Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Mohammad Iqbal Apriansyah mengatakan, Kulonprogo tahun ini dipilih sebagai pusat pelaksanaan. Puncak acara akan dilaksanakan di Waduk Sermi menghadirkan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan beberapa tamu undangan lainnya. 

“Setiap tahun lokasinya berubah, dan kebetulan tahun ini di Kulonprogo,” katanya, Senin (15/7/2024).  

Menurut dia, penunjukkan Kabupaten Kulonprogo sebagai tuan rumah dirasakan sangat tepat. Angka prevalensi penurunan stunting di Kulonprogo termasuk paling tinggi di DIY, yaitu mencapai 5,4 persen. Prestasi ini diharapkan bisa diikuti oleh kabupaten/kota lainnya.
 
Pada hari pertama akan dipusatkan di Alun-alun Wates dengan kegiatan Pameran UMKM, UPPKA (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor) dan Desa Prima pada 19 Juli.  Selain itu juga akan ada sosialisasi yang dikemas dengan kegiatan budaya dan jalan Sehat bertajuk Keluarga Bebas Stunting pada 20 Juli 2024.
 
"Peringatan ini diharapkan bisa meningkatkan kepedulian masyarakat dalam upaya pencegahan stunting," katanya. 

Ketua Panitia Internal Harganas 2024, Yuni Hastutiningsih mengatakan, untuk meramaikan kegiatan mereka akan berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kulonprogo. Bahkan dari target awal 3.000 peserta jalan sehat sudah terpenuhi. Kita ditargetkan bisa mencapai 10.000 peserta. Saat ini panitia menaikkan target menjadi 10.000 orang. 

“Nanti juga akan tari kolosal bendrongan dan juga dagelan bersama Kirun,” katanya. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut