get app
inews
Aa Read Next : Keren, Mahasiswa UMBY Muntoha Sururi Jadi Choreo Fighting Film Kampung Jabang Mayit

Gandeng UPSI Malaysia, UMBY Gelar Workshop Publikasi Internasional

Kamis, 25 Juli 2024 | 11:14 WIB
header img
UMBY menggelar workshop on article publication menggandeng UPDI malaysia. (foto: istimewa)

SLEMAN, iNewssleman.id - Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar International Workshop on Article Publication, Senin (22/7/2024). Acara yang digelar di Kampus 3 Jalan Ring Road Utara, Condongcatur Sleman ini, merupakan implementasi Memorandum of Understanding (MoU) antara UMBY dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia dalam meningkatkan publikasi jurnal internasional

Workshop ini diikuti 80 peserta dari dosen dan mahasiswa UMBY. Hadir sebagai pembicara Profesor Madya, Mohamed Nor Azhari bin Azman dari UPSI Malaysia.

“Selamat atas terselenggaranya International Workshop on Article Publication, semoga membawa manfaat bagi kita semua, terutama bagi sivitas akademika UMBY untuk publikasi di jurnal internasional,” kata Kepala Biro Kerja Sama, Humas dan keprotokolan, Widarta. 

Kegiatan ini mengundang perwakilan dosen dari fakultas di UMBY untuk membagikan kita-kiat menulis artikel dan menerbitkan dalam jurnal publikasi. Setidaknya ada enam dosen yang turut membagikan pengalaman dalam menerbitkan jurnal bereputasi. Mereka adalah Arief Nuryana (dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi), Putri Taqwa Prasetyaningrum (dosen Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi), Dorothea Wahyu Ariani (dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi), Nina Fitriana, Psikolog dosen Prodi Psikologi (Fakultas Psikologi), Daniel Ari Widhiatama, dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dan Yuli Perwita Sari dosen Prodi Teknologi Hasil Pertanian (Fakultas Agroindustri).

Sementara Mohamed Nor Azhari mengatakan, joint research perlu dilakukan dalam membuat jurnal internasional. Hal ini bisa diawali dengan komunikasi untuk membangun sebuah koneksi.

“Perlu komunikasi dengan editor. Editor yang bagus akan membimbing dan membantu menilai kelayakan dari artikel sebelum kita publish,” ujarnya. 

Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri UMBY , Daniel Ari Widhiatama, berharap sivitas akademika UMBY bisa lebih bersemangat dalam menulis, mampu menemukan strategi yang tepat dalam menerbitkan artikel ke jurnal bereputasi. Bagi mahasiswa juga lebih mengenal tentang penulisan jurnal dan mendapatkan ide tentang menulis.

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut