get app
inews
Aa Read Next : Kamagrista UNS Dorong Pemanfaatan Limbah Jahe di Genengan Karanganyar

Kompetisi di Italia, Bengawan Formula Student Team UNS Bawa Mobil Nawasena

Rabu, 31 Juli 2024 | 20:38 WIB
header img
Peluncuran mobil Nawasena di Kampus UNS Solo, Rabu (31/7/2024). Foto: AW Wibowo.

SOLO, iNewsSleman.id - Bengawan Formula Student Team Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan membawa mobil Nawasena dalam kompetisi Formula SAE 2024 di Italia. Tim dari UNS menjadi satu-satunya yang mewakili Indonesia di kompetisi tersebut.

Kompetisi Formula SAE Italy (FSAE) 2024 merupakan kompetisi formula student yang diselenggarakan SAE Internasional dan ATA (Associazione Tecnica dell'Autoveicolo) di Sirkuit Varano ‘de Melegari, Italia. Bengawan Formula Student Team UNS akan mengikuti dua event perlombaan, yaitu Dynamic Event dan Static Event.

Tim akan berkompetisi di FSAE Italy 2024 pada 3 sampai 8 September 2024. Nawasena akan berlaga di kelas Combussion Vehicle. Terdapat dua event utama yaitu, Static Events yang terdiri dari business plan presentation, cost and manufacturing report, dan design presentation.

“Sementara pada Dynamic Events terdiri dari kategori acceleration, skid pad, autocross, dan endurance. Persiapan Nawasena untuk melaju ke ajang FSEA Italy 2024 telah mencapai 80 persen,” ujar General Manager Bengawan Formula Student Team UNS, Delon Sasongko di sela-sela peluncuran mobil Nawasena di halaman kampus setempat, Rabu (31/7/2024).

Manager Teknis Bengawan Formula Student Team UNS, Jidhan Abdillah mengatakan, untuk mempersiapkan FSAE Italy 2024, Nawasena telah melalui tahap penyempurnaan dari mobil sebelumnya, Pancawala 2. Perubahan terbesar mobil ini terletak pada engine, dimana Nawasena menggunakan mesin baru, KTM 450 SX-F 2020 yang merupakan mesin dengan sistem injeksi.

“Banyak penyempurnaan yang kami lakukan untuk Nawasena ini, seperti pada perhitungan geometri kaki, steering loud, radiator, hingga bobot mobil. Penyempurnaan aerodinamics dilakukan agar memiliki massa yang lebih ringan dan dinamis. Nawasena juga menggunakan impact attenuator berbahan hineycomb IA yang tujuannya untuk mengoptimalkan keamanan pengendara,” kata Jidhan.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Iwan Wisnu Anggono, S.S. M.Si menyampaikan kebanggaannya mengenai pencapaian Bengawan Formula Student Team UNS dan mendukung penuh tim untuk maju di kancah internasional. Ia juga berpesan agar tim juga dapat menikmati momen dan euforia ketika berkompetisi.

“Selamat atas kerja keras teman-teman selama satu tahun ini dalam menyempurnakan temuannya, Nawasena, yang akan dilombakan di Eropa mendatang. Terima kasih juga kepada pihak sponsor yang telah membantu adik-adik untuk mempersiapkan kompetisi,” ujar Iwan.

Direktur Direktorat Inovasi dan Hilirisasi (DIH) UNS, Prof Venty Suryanti, S.Si., M.Phil., Ph.D mendoakan keberhasilan dan kelancaran kompetisi yang akan diikuti oleh Bengawan Formula Student Team UNS di Italia.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut