get app
inews
Aa Read Next : Tips Aman saat Pengisian BBM di SPBU, Kalau Dilanggar Berisiko Kebakaran

Pertamina Bersama Polisi Investigasi Penyebab Kebakaran di SPBU Colomadu

Kamis, 01 Agustus 2024 | 00:20 WIB
header img
Suasana SPBU 44.571.05 Colomadu, Karanganyar yang operasionalnya dihentikan sementara akibat peristiwa kebakaran, Rabu (31/7/2024). Foto: Ist.

KARANGANYAR, iNewsSleman.idPertamina bersama Kepolisian tengah melakukan investigasi peristiwa kebakaran di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 44.571.05 Colomadu, Karanganyar. Investigasi diharapkan dapat mengungkap secara pasti penyebab kebakaran.

“Untuk penyebab kejadiannya secara lebih detail, sedang diinvestigasi oleh kepolisian setempat dan tim PT Pertamina Patra Niaga,” kata Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Jawa Bagian Tengah (JBT) PT Pertamina Patra Niaga Regional, Brasto Galih Nugroho melalui siaran pers, Rabu (31/7/2024).

Mengenai kronologi kejadian, Brasto mengungkapkan peristiwa berawal ketika sebuah mobil GranMax melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) Pertalite sebanyak 30 liter pada Rabu (31/7/2024) sekitar pukul 07.36 WIB di SPBU Colomadu.

“Menurut informasi yang kami terima, saat mobil distarter atau dihidupkan kembali setelah pengisian BBM, muncul percikan api,” katanya.

Petugas SPBU bersama Pemadam Kebakaran (Damkar) bergerak cepat memadamkan api. Petugas SPBU yang berlokasi di Jalan Adisucipto, Colomadu, Karanganyar ini memadamkan api dengan 4 unit Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kapasitas 9 kg dan 1 Alat Pemadam Api Besar (APAB).

“Dibantu Damkar, api berhasil dipadamkan pada pukul 07.59 WIB. Untuk saat ini, operasional SPBU 44.571.05 Colomadu dihentikan sementara,” ujarnya.

Ia menambahkan, tindak lanjut yang dilakukan SPBU saat ini di antaranya akan memperbaiki sarana dan fasilitasi di area SPBU. Selain itu juga memastikan kesiapan sarana dan fasilitas SPBU sebelum dioperasionalkan kembali.

“Kami prihatin dengan kejadian tersebut dan terus berupaya untuk melakukan sosialisasi keselamatan kerja dan pelatihan kondisi darurat di SPBU. Terakhir, Regional JBT PT Pertamina Patra Niaga melaksanakan sosialisasi keselamatan kerja bagi SPBU secara online (daring) dan pelatihan pemadaman kebakaran di SPBU secara offline (luring/fisik) pada awal Juli 2024 bagi SPBU-SPBU di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, termasuk Solo Raya,” jelasnya.

Untuk SPBU terdekat, konsumen dapat mengunjungi SPBU 44.577.10 Colomadu yang berjarak 1,9 km dan SPBU 44.571.31 Adi Sumarmo yang berjarak 1,5 km dari SPBU 44.571.05 Colomadu.

 

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut