get app
inews
Aa Read Next : Kamagrista UNS Dorong Pemanfaatan Limbah Jahe di Genengan Karanganyar

UNS ULTRA 2024 Diikuti Ribuan Peserta, akan Sajikan Kampus Ramah Lingkungan

Kamis, 01 Agustus 2024 | 21:22 WIB
header img
Penyelenggara UNS ULTRA 2024 memberikan keterangan pers di kampus UNS Solo, Kamis (1/8/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id – Sebanyak 1.403 peserta akan mengikuti event lari tingkat nasional yang digelar Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Lomba lari UNS ULTRA 2024 tersebut dilaksanakan 9-11 Agustus 2024.

Event Director UNS ULTRA, Adi Dwi Ismanto menyampaikan, terdapat empat kategori yang dapat diikuti oleh para peserta, yakni kategori 50 Km individu, kategori 50 Km Relay 2, kategori 5 Km dan kategori Kids Dash dengan jarak 1,5 Km.

“Acara ini juga diisi dengan UNS Running Expo. Terdapat beberapa rangkaian kegiatan di dalamnya seperti racepack collection bagi para peserta, edukasi olahraga dan kesehatan, sport running exhibition, bazar produk, hingga hiburan,” kata Adi Dwi Ismanto, Kamis (1/8/2024). 

UNS Running Expo akan digelar selama 2 hari, yaitu pada 9 dan 10 Agustus di halaman Gedung Rektorat UNS. Kategori 50 Km individu dan 50 Km Relay 2 akan dilaksanakan pada Sabtu (10/8/2024) dengan flag off pukul 06.00 WIB. Lalu kategori 5 Km dan kategori Kids Dash dengan jarak 1,5 Km dilaksanakan pada Minggu (11/8/2024) dengan flag off pukul 06.00 WIB dan 08.00 WIB. 

 

UNS ULTRA bertujuan mengajak seluruh peserta untuk menikmati kampus UNS yang hijau dan ramah lingkungan. Ajang ini menawarkan rute yang sejuk dan rindang untuk berlari.

 

“Lokasi dan rute UNS ULTRA diselenggarakan di area dalam kampus dengan mengitari setiap fakultas di dalamnya. Rute lari juga akan dirancang supaya steril dari kendaraan bermotor. Hal ini supaya peserta tidak khawatir terkait dengan keselamatan dan keamanan di sepanjang rute,” katanya.

 

UNS ULTRA juga merupakan implementasi dari progam Green Campus yang dijalankan UNS. Olahraga lari menjadi sebuah media menumbuhkan kesadaran kolektif dengan mendekatkan manusia dan alam di lingkungan kampus. Antusiasme yang tinggi melalui berlari di kampus dapat menciptakan kebiasaan baik bagi sivitas akademika yang berwawasan lingkungan.

 

“Antusias pendaftar sangat luar biasa, awalnya target kami hanya 800 peserta untuk semua kategori. Namun pendaftar membludak dan kami tutup pendaftaran dengan angka jumlah peserta UNS ULTRA sebanyak 1.403 orang,” ucapnya.

 

Untuk peserta UNS ULTRA ini tidak hanya berasal dari kalangan UNS melainkan terbuka untuk masyarakat umum. Bahkan peserta yang mendaftar untuk mengikuti UNS ULTRA 2024 ini tidak hanya berasal dari Pulau Jawa melainkan ada yang berasal dari luar Pulau Jawa. Bahkan ada peserta yang mendaftar untuk mengikuti UNS ULTRA berasal dari luar neger.

 

“Dari panitia memberikan persyaratan untuk kategori Kids Dash usia mulai 5 hingga 12 tahun, sedangkan untuk kategori 5K, 50 Km individu dan 50 Km Relay 2 minimal usia 17 tahun,” katanya.

 

Saat mengambil race pack, peserta wajib menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter. Surat keterangan sehat ini dibuat maksimal seminggu sebelum pelaksanaan lari. Sesi pengambilan race pack dilakukan sehari sebelumnya. Pengambilan race pack kategori 50 Km Individu dan 50 Km Relay 2 dilakukan pada Jumat (9/8/2024). Sedangkan pada kategori 5 Km dan Kids Dash pada Sabtu (10/8/2024).

 

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Iwan Wisnu Anggono, S.S., M.Si mengataka, pihaknya sangat memberikan apresiasi terhadap event UNS ULTRA 2024. UNS mengajak sivitas akademika dan masyarakat umum untuk menjaga pola hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga di kampus.

 

“Semoga event lari tingkat nasional ini berjalan dengan lancar. Dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada sponsor salah satunya Bank Jateng yang telah mensupport kegiatan ini,” ujar Iwan.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut