get app
inews
Aa Read Next : Pengobatan Gratis di Rail Clinic KAI Jangkau Ratusan Warga Solo

Daop 6 Yogyakarta Sediakan Ruang Laktasi, Dukung Ibu Menyusui saat Momentum Pekan ASI Sedunia

Sabtu, 03 Agustus 2024 | 14:28 WIB
header img
Ruang menyusui atau ruang laktasi yang disediakan KAI Daop 6 Yogyakarta. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.idKAI Daop 6 Yogyakarta mendukung peran Ibu dalam memberikan ASI kepada sang buah hati, khususnya ketika sedang naik kereta api (KA). Hal tersebut diwujudkan antara lain dengan penyediaan ruang menyusui di semua stasiun KA jarak jauh.

Dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week (WBW), KAI Daop 6 Yogyakarta terus berupaya memberikan ruang-ruang yang layak bagi ibu menyusui.

“Penyediaan ruang menyusui di semua stasiun KA jarak jauh, merupakan upaya untuk terus memenuhi harapan pelanggan dan meningkatkan pelayanan,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Sabtu (3/8/2024).

Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week (WBW) diperingati setiap tanggal 1–7 Agustus. Tahun 2024, Pekan ASI Sedunia mengusung tema “Closing the Gap Breastfeeding Support for All” (Tutup kesenjangan: kita dukungan semua Ibu sukses menyusui).

Tujuannya untuk mendorong dan mendukung semua Ibu untuk dapat memberikan ASI kepada anaknya serta tidak ada kesenjangan yang terjadi baik dari ras, status sosial, ekonomi, serta budaya.

Saat ini, di wilayah Daop 6 Yogyakarta telah telah tersedia ruang menyusui atau ruang laktasi di 8 stasiun, di antaranya adalah Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Solobalapan, Stasiun Solojebres, Stasiun Wates, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Yoykakarta International Airport (YIA).

Dalam menyediakan ruang laktasi, Daop 6 memberikan kenyamanan lebih dengan ruang privat dan penggunaan sofa. Selain itu, ruang laktasi juga dilengkapi dengan fasilitas seperti pendingin ruangan, wastafel, meja, rak, dan stop kontak.

Fasilitas ruang menyusui bagi ibu yang sedang membawa bayi/balita saat akan melakukan perjalanan dengan kereta api dirasa penting keberadaannya. Penyediaan ruangan tersebut akan memberikan privasi bagi Ibu saat menyusui.

“Setiap anak-anak di Indonesia berhak memperoleh ASI di mana pun dan kapan pun untuk mendukung pertumbuhan, kesehatan dan kecerdasannya,” ucapnya.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut