get app
inews
Aa Read Next : Gusti Moeng Ingatkan Generasi Muda Jaga Budi Pekerti dan Warisan Budaya

Pernikahan Cucu Raja Keraton Solo PB XII, Pengantin Dikirab Keliling Benteng

Minggu, 01 September 2024 | 08:20 WIB
header img
Prosesi pernikahan cucu Raja Keraton Solo PB XII, Sabtu (31/8/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewSleman.id Kirab pengantin mewarnai prosesi pernikahan cucu Raja Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo) Paku Buwono XII (PB XII). Mempelai pengantin dikirab keliling Benteng Baluwarti yang ada di lingkungan keraton, Sabtu (31/8/2024) malam. 

Mempelai perempuan, BRAj Wangi Pamor Kusumo yang merupakan putri dari KGPH Madu Kusumo Negoro-RAy Anita Indriati Rusmiana, menikah dengan Adhieka Octavian Nur Zamman, putera pasangan Eko Darmojo-Titik Murtiningsih asal Wonogiri. Setelah prosesi kirab pengantin, dilanjutkan upacara panggih atau resepsi yang digelar di Sasana Mulya Keraton Solo.  

“Tadi ada dua kereta, satu untuk pengantin perempuan dan satu lagi kereta untuk pengantin laki-laki. Semoga apa yang dilaksanakan hari ini dapat terus ada sepanjang masa. Ini khan keluarga Keraton Surakarta, baik itu putra putri raja atau cucu raja bisa memakai di Sasana Mulya,” kata Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Solo GKR Wandansari (Gusti Moeng).

Saat kirab, barisan pertama adalah prajurit musik, pembawa kembar mayang, kemudian kereta pertama berisi pengantin putri beserta orang tua dan sepasang patah perempuan. Kemudian kereta kedua berisi pengantin pria beserta orang tua dan patah laki-laki.

Sebelum acara panggih, sebelumnya dilaksanakan acara prosesi siraman. Siraman pengantin putri antara lain dilakukan oleh kedua orang tuanya, serta kerabat dekat yang total berjumlah 9 orang. Mempelai pria juga menjalani prosesi siraman, antara lain dilakukan oleh kedua orang tua, serta kerabat dekatnya.  

Sementara, untuk ijab kabul telah dilaksanakan pada Sabtu pagi sekitar pukul 09.00 WIB di Ndalem Madukusuman Baluwarti. 
 

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut