get app
inews
Aa Read Next : ARCEO's Conference, Daop 6 Yogyakarta Berharap Dorong Semangat ASEAN Hadapi Tantangan Global

Ultah saat Hari Pelanggan Nasional, Penumpang KA Dapat Kejutan di Stasiun Solo Balapan

Rabu, 04 September 2024 | 20:24 WIB
header img
Petugas KAI saat memberikan kejutan bunga dan cokelat kepada penumpang yang ulang tahun saat Hari Pelanggan Nasional 2024. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id – Seorang penumpang kereta api (KA) Argo Semeru, Ika Astiti mendapat kejutan saat Hari Pelanggan Nasional 2024, Rabu (4/9/2024). Saat perjalanan KA sampai di Stasiun Solo Balapan, ia mendapatkan bingkisan cokelat dan bunga dari petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Ika Astiti mendapatkan surprise karena ulang tahun (ultah) pada bulan September. Ia merupakan pelanggan yang melakukan pembelian tiket KA menggunakan Access by KAI.

Saat momentum Hari Pelanggan Nasional 2024, Daop 6 Yogyakarta juga merayakannya dengan beragam aktivitas menarik di Stasiun Solo Balapan. Para pelanggan diajak untuk mengikuti quiz yang diadakan secara langsung.

“Peserta yang bisa menjawab dan memenangkan quiz akan mendapatkan hadiah utama, dan yang kalah mendapatkan hadiah hiburan,” Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro.

Selain itu juga disajikan live music yang diisi para pegawai Daop 6 guna menghibur para penumpang di stasiun. Tim Daop 6 Yogyakarta juga mengadakan sapa pelanggan yang dilakukan di area Stasiun Yogyakarta dan KA Taksaka.

Kegiatan-kegiatan ini sebagai upaya mengapresiasi pelanggan. Sekaligus memberikan hiburan agar mereka dapat merasakan kebahagiaan serta pengalaman baru saat menggunakan transportasi KA.

“Kami memberikan apresiasi dan terima kasih kepada para pelanggan atas kepercayaannya terhadap layanan KAI, serta terus menggunakan kereta api untuk melakukan mobilitas antar kota maupun di perkotaan,” ucapnya.

Daop 6 mencatat pada Agustus 2024, jumlah penumpang KA di seluruh stasiun wilayah Daop 6 Yogyakarta mencapai 1.102.547 orang. Jumlah itu terdiri atas penumpang berangkat atau naik sebanyak 542.820 orang dan turun atau datang sebanyak 559.727 orang.

Lima stasiun dengan jumlah penumpang tertinggi yaitu:

1. Stasiun Yogyakarta dengan jumlah penumpang 498.311 orang.

2. Stasiun Lempuyangan dengan jumlah penumpang 258.725 orang.

3. Stasiun Solobalapan dengan jumlah penumpang 189.438 orang.

4. Stasiun Purwosari dengan jumlah penumpang 50.302 orang. 

5. Stasiun Klaten dengan jumlah penumpang 49.620 orang.

Sementara itu, 5 KA jarak jauh keberangkatan awal Daop 6 yang paling laris dan menjadi favorit masyarakat adalah:

1. KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan-Banyuwangi Kota (PP) dengan okupansi pelanggan 190 persen.

2. KA Joglosemarkerto relasi Solobalapan-Yogyakarta-Purwokerto-Semarang Tawang-Solobalapan dengan okupansi pelanggan 154 persen.

3. KA Joglosemarkerto relasi Solobalapan-Semarang Tawang-Purwokerto-Yogyakarta-Solobalapan dengan okupansi pelanggan 143 persen.

4. KA Bengawan relasi Purwosari-Pasarsenen (PP) dengan okupansi pelanggan 124 persen.

5. KA Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir (PP) dengan okupansi pelanggan 106 persen.

KAI Daop 6 Yogyakarta akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik. Kepuasan para pelanggan merupakan salah satu unsur penting bagi Daop 6 untuk terus memberikan pelayanan terbaik dengan didukung faktor keselamatan, kehandalan sarana prasarana, dan ketepatan waktu yang selalu dijaga.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut