SOLO, iNewsSleman.id - Daop 6 Yogyakarta mencatat tren positif jumlah kenaikan penumpang kereta api (KA) selama Agustus 2024. Jumlah penumpang tercatat mencapai 1.102.547 orang.
“Dari total 1.102.547 orang, terdiri atas berangkat atau naik sebanyak 542.820 penumpang, dan turun atau datang sebanyak 559.727 penumpang,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Sabtu (7/9/2024).
Lima stasiun dengan jumlah penumpang berangkat dan datang tertinggi yaitu, yakni Stasiun Yogyakarta sebanyak 498.311 orang, Stasiun Lempuyangan 258.725 orang, Stasiun Solobalapan 189.438 orang, Stasiun Purwosari 50.302 orang, dan Stasiun Klaten 49.620 orang.
Krisbiyantoro mengatakan, jumlah keberangkatan dan kedatangan penumpang di bulan Agustus hampir sama dengan Bulan Juli yang mencatatkan 1.233.758 penumpang naik turun KA di stasiun KA jarak jauh. Pada Bulan Juli jumlah penumpang tinggi dikarenakan terdapat libur sekolah yang berlangsung hingga pertengahan bulan.
Daop 6 juga mencatat 5 KA jarak jauh keberangkatan awal Daop 6 yang paling laris dan menjadi favorit masyarakat di bulan Agustus 2024 adalah:
1. KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan - Banyuwangi Kota (PP) dengan okupansi pelanggan 190 persen.
2. KA Joglosemarkerto relasi Solobalapan-Yogyakarta - Purwokerto-Semarang Tawang-Solobalapan dengan okupansi pelanggan 154 persen.
3. KA Joglosemarkerto relasi Solobalapan-Semarang Tawang-Purwokerto-Yogyakarta -Solobalapan dengan okupansi pelanggan 143 persen.
4. KA Bengawan relasi Purwosari-Pasarsenen (PP) dengan okupansi pelanggan 124 persen.
5. KA Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir (PP) dengan okupansi pelanggan 106 persen.
Dengan tingginya animo masyarakat terhadap moda transportasi KA, Daop 6 mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk merencanakan perjalanan jauh-jauh hari. Khususnya di masa masa peak season seperti Minggu depan yang terdapat libur panjang Maulid Nabi pada Senin 16 September 2024.
"KAI Daop 6 Yogyakarta juga akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan. Kepuasan para pelanggan merupakan salah satu unsur penting untuk terus memberikan pelayanan terbaik dengan didukung faktor keselamatan, kehandalan sarana prasarana, dan ketepatan waktu yang selalu dijaga," kata Krisbiyantoro.
Saat ini KAI sangat concern dalam mendukung keberlanjutan (SDG's) salah satunya dengan mengajak internal maupun pelanggan untuk menggunakan tumbler.
"Melalui perkenalan Water Station, kami ingin mendorong penggunaan tumbler untuk mengurangi ketergantungan pada botol plastik sekali pakai yang sulit terurai. Kami ingin memperkenalkan bahwa sektor transportasi termasuk KAI juga berperan aktif dalam melindungi lingkungan,” ucapnya.
Editor : AW Wibowo