get app
inews
Aa Read Next : 5 Mahasiswa UGM Ciptakan Coolnest untuk Cegah Ayam Stres

Rela, Film Karya Mahasiswa UMY Tembus Festival Film Internasional

Rabu, 18 September 2024 | 08:13 WIB
header img
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY Bagaskara Dwitya Bima Asmara mempresentasikan Rela film karyanya dalam ajang Kota Kinabalu International Film Festival. (foto: istimewa)

BANTUL, iNewssleman.id  - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Bagaskara Dwitya Bima Asmara berhasil menorehkan prestasi dalam ajang festival film internasional. Film Rela yang berasal dari luaran tugas perkuliahan Ilmu Komunikasi UMY tersebut berhasil masuk ke Kota Kinabalu Internasional Film Festival (KKIFF) yang diselenggarakan di Malaysia awal bulan lalu. 

Film berjudul Rela ini diangkat dari perjalanan hidup nenek Bagas. Film ini menceritakan tiga fase kehidupan yang diarungi oleh neneknya. Sesuai judulnya sang nenek harus ikhlas menerima kehilangan beberapa bagian kehidupan sehingga di masa tua harus hidup sendiri. 

Awalnya sang nenek kehilangan ibu Bagas yang memilih jalan menjadi seorang mualaf. Selanjutnya harus kehilangan suaminya hingga akhirnya hidup di masa tua seorang dia. 

“Semuanya ini diambil dari kehidupan pribadi keluarga saya,” katanya.  

Menurut Bagas, film dokumenter ini banyak membawa pesan dalam kehidupan. Film ini akan menjadi arsip keluarga untuk dikenang dalam keluarganya. Manusia harus siap menerima takdir dan rela menjalani hidup yang sudah digariskan Tuhan.  

“Kelahiran, kematian, dan jodoh adalah sebuah takdir sehingga manusia harus siap menerima takdir yang sudah ditetapkan,” katanya. 

Bagas mengaku bangga bisa ikut dalam festival internasional. Dia bisa bertemu dengan sineas dari berbagai negara dan mendapatkan keleluasaan presentasi di forum internasional.

“Saya merasa senang dan tidak menyangka akan ditayangkan di ajang internasional,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi UMY  Fajar Junaedi mengapresiasi apa yang diraih Bagas. Ilmu Komunikasi UMY selalu berusaha memfasilitasi mahasiswa mengikuti berbagai kompetisi, festival, konferensi akademik dan sebagainya untuk membangun atmosfer akademik.

“Kuliah di Ilmu Komunikasi UMY adalah proses bagi mahasiswa untuk memiliki kompetensi, dan mengembangkan berbagai karya. Ini ditunjang dengan berbagai laboratorium dan peralatan yang mumpuni,” ujar Fajar. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut