get app
inews
Aa Read Next : Ahmad Luthfi Soroti Krisis Air Bersih di Jateng, Dorong Konversi Air Laut Jadi Air Tawar

Cegah Rob di Pesisir Pantai Utara Jateng, Ahmad Luthfi Hidupkan Program Mageri Segara

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 09:21 WIB
header img
Calon Gubernur Jateng Ahmad Luthfi saat bertemu dengan masyarakat Kota Pekalongan. Foto: Ist.

PEKALONGAN, iNewsSleman.id Calon Gubernur Jateng Ahmad Luthfi akan kembali menghidupkan Kembali Program Mageri Segara. Program untuk mencegah bencana rob yang mengancam pesisir pantai utara di Jawa Tengah.

Sejumlah kabupaten dan kota terancam rob, seperti Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, Tegal, Pemalang, Batang, Kendal, hingga Rembang.

"Program Mageri Segara akan dihidupkan lagi. Serentak di seluruh kabupaten dan kota yang berbatasan dengan laut," kata Ahmad Luthfi usai acara kunjungan dan menyapa warga terdampak banjir rob di Kota Pekalongan, Jumat (18/10/2024) kemarin.

Program Mageri Segara, lanjut Cagub nomor urut 2 tersebut, dilakukan dengan cara menanam mangrove dalam jumlah besar dan masif. Titik sasaran penanaman diutamakan yang menjadi akses bencana banjir rob terlebih dahulu.

Ia menjelaskan, program Mageri Segara sudah dijalankan semenjak dirinya menjabat sebagai Kapolda Jateng. Saat itu semua Kapolres yang wilayahnya memiliki garis pantai maka wajib menanam mangrove.

Jika dirinya mendapatkan amanah untuk memimpin Jawa Tengah, maka ia akan memberlakukan program serupa untuk semua bupati dan wali kota terpilih yang wilayahnya berbatasan dengan lautan.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut