get app
inews
Aa Read Next : Orasi Kebangsaan di UMS, JK: Pendidikan Tidak Bisa Instan

Hari Jadi ke-66, UMS Mantapkan Reputasi Nasional dan Internasional

Kamis, 24 Oktober 2024 | 21:48 WIB
header img
Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mencapai kemajuan yang pesat saat memasuki Hari Jadi ke-66. UMS telah memantapkan reputasi nasional maupun internasional. 

"Dengan segala dinamika yang ada dan tantangan serta prospektif kemajuan IPTEK yang lari begitu cepatnya terutama kemajuan di bidang informasi teknologi yang telah membawa perubahan yang mendasar terhadap peradaban di berbagai bidang," kata Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si saat menyampaikan laporan dalam upacara Hari Jadi UMS ke-66 di Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS, Kamis (24/10/2024). 

Dirinya bersyukur UMS mampu menunjukkan eksistensinya. Ditandai dengan makin menguatnya kepercayaan dan pengakuan recognize dari 28 negara di berbagai belahan dunia.

Sofyan Anif menyampaikan, sejak awal berdiri Muhammadiyah berkomitmen memberikan yang terbaik untuk kemajuan bangsa bersama komponen bangsa lainnya. 

"Dan semua komponen bangsa perlu berkolaborasi dan bekerja sama secara kuat tanpa mengecilkan salah satu komponen bangsa di antara komponen-komponen bangsa yang lain," ujar Sofyan Anif.

Rektor UMS juga menyampaikan laporan kinerja tahun akademik 2024/2025 sebagai bentuk pertanggungjawaban Rektor. Sofyan Anif menyampaikan bahwa untuk mencapai visi yang telah ditetapkan, pengembangan UMS pada tahun 2021-2025 diarahkan untuk melakukan transformasi secara progresif dalam memantapkan reputasi nasional dan internasional. 

Strategi yang dirancang berupa melakukan Transformasi Akademik, Transformasi Sumber Daya, Transformasi Al Islam dan Kemuhammadiyahan, dan Transformasi Digital. 

"Pada tahun 2021-2025 atau saat ini diarahkan untuk pemantapan reputasi nasional dan internasional yang didiskusikan untuk peningkatan jumlah Prodi terakreditasi Unggul, akreditasi atau sertifikasi internasional, publikasi berreputasi Q1-Q2, dan pemantapan perangkingan internasional," ujarnya.

Sedangkan periode 2025-2029 diarahkan untuk memberi arah perubahan di berbagai IPTEKS yang menjadikan sumber daya manusia baik lulusan maupun dosen mampu menjadi pelopor perubahan yang merupakan hasil dari penelitian dan pengabdian masyarakat. 

Rektor kemudian menyampaikan penghargaan-penghargaan dan reputasi yang dicapai UMS pada tahun 2023 dan 2024. UMS dalam usianya yang menginjak 66 tahun, bisa eksis dan masuk ke ranah World Class University

Dalam waktu dekat, UMS juga akan meresmikan event-event tertentu. Hal itu menjadi salah satu dukungan guna memperkuat UMS sebagai perguruan tinggi di level dunia.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut