get app
inews
Aa Read Next : Polres Kulonprogo Musnahkan 1.263 Botol Miras Hasil Operasi Cipkon Jelang Pemilu

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Polres Kulonprogo Tebar 14.000 Benih Ikan

Senin, 28 Oktober 2024 | 20:26 WIB
header img
Kapolres Kulonprogo AKBP Wilson Bugner F Pasaribu menebar benih ikan di aliran SUngai Progo yang berada di Banaran, Galur, Senin (28/10/2024). (foto: dok/Polres Kulonprogo)

KULONPROGO, iNewssleman.id - Polres Kulonprogo berkolaborasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo menebar 14.000 benih ikan di aliran Sungai Progo, di Banaran, Galur, Senin (28/10/2024). Ini merupakan salah satu upaya mendukung pelestarian alam. 

“Ada 14.000 benih ikan yang ditebar hari ini. Untuk jenisnya ada nilem, wader dan tawes yang merupakan ikan endemis,” kata Kapolres Kulonprogo AKBP Wilson Bugner Pasaribu. 

Menurutnya, penebaran benih ikan ini dilaksanakan tepat pada 28 Oktober sebagai rangkaian peringaran Hari Sumpah Pemuda. Polres Kulonprogo mengajak generasi muda untuk ikut menjaga kelestarian alam demi masa depan bangsa yang lebih baik.   

“Ini untuk mendukung pengembangan pariwisata. Semoga nantinya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya. 

Kepala DKP Kulonprogo, Trenggono Trimulyo mengatakan, penebaran ikan ini menjadi rangkaian kegiatan Festival Jaga Kaliku. Dinas terus melakukan penebaran benih ikan di 12 kapanewon dengan melibatkan kelompok pengawas masyarakat. Harapannya ikan ini bisa berkembang dan pokwasmas bisa menjaga ekosistem yang ada.  

"Kami akan memberikan fasilitasi kepada pokwaasmas agar mereka bisa lebih maksimal dalam menjaga ekosistem alam,” katanya. 

Dinas juga bekerja sama dengan Kementerian Agama Kulonprogo dengan melibatkan pasangan calon pengantin untuk sedekah benih ikan (Sipatin). Setiap pasangan diminta untuk menebar benih ikan di sungai, waduk atau saluran air lainnya untuk menjaga ikan tetap lestari.

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut