Tambah 700.000 Pelanggan Baru, Indosat Bukukan Pendapatan Rp13,57 Miliar di Kuartal I 2025

YOGYAKARTA, iNewssleman.id – Indosat Ooredoo Hutchison kembali menunjukkan kinerja progresif di kuartal pertama 2025. Mereka mencatat ada pertumbuhan ARPU 4,6 persen dengan 700.000 pelanggan baru yang ikut berkontribusi dalam pendapatan Rp 13,57 miliar.
President Director and Chief Executive Officer of IOH, Vikram Sinha menyatakan, capaian kuartal pertama ini mencerminkan kinerja keuangan yang solid dan dedikasi seluruh tim untuk melayani masyarakat Indonesia. Padahal tantangan industri saat ini semakin kompetitif
“Capaian ini mencerminkan konsistensi dalam eksekusi strategi serta komitmen berkelanjutan perusahaan dalam mendukung transformasi digital dan pengembangan AI di Indonesia,” katanya, Rabu (30/4/2025)
Pada kuartal pertama 2025, pertumbuhan ARPU yang positif menjadi bukti ketangguhan Indosat dalam menghadapi dinamika pasar. ARPU Indosat mencapai Rp40 ribu (Rp39.200) tumbuh sebesar 4,6 persen YoY. Sementara jumlah pelanggan seluler bertambah 700.000 dibandingkan kuartal sebelumnya, sehingga total pelanggan 95,4 juta.
Indosat mencatat pendapatan yang stabil Rp13.577,9 miliar, dengan EBITDA sebesar Rp6.415,1 miliar atau tumbuh 0,6 persen. Laba bersih yang didistribusikan kepada pemilik entitas induk meningkat sebesar 27 persen secara kuartalan menjadi Rp1.311,1 miliar, menandai kinerja laba positif selama 17 kuartal berturut-turut.
“Capaian ini semakin memperkuat komitmen Indosat dalam menciptakan nilai jangka panjang di tengah persaingan industri yang kian intensif,” katanya.
Indosat sedang mempersiapkan masa depan digital Indonesia dengan memperluas infrastruktur jaringan ke seluruh penjuru negeri yang siap mendukung teknologi AI. Melalui investasi berkelanjutan di jaringan 4G dan persiapan menuju 5G, Indosat membuka akses digital yang lebih luas, cepat, dan andal, terutama di daerah yang masih kurang terlayani.
Vikram mengaku, pada ajang Mobile World Congress 2025 di Barcelona, Indosat mengumumkan kolaborasi strategis dengan Nokia dan NVIDIA, menjadikannya operator pertama di Asia Tenggara, dan ketiga di dunia yang secara komersial mengimplementasikan teknologi AI-RAN. Inovasi ini memperkuat jaringan 5G Cloud RAN milik Indosat dengan kecerdasan buatan, sehingga mampu meningkatkan efisiensi jaringan, mengurangi konsumsi energi, dan memperbaiki kualitas layanan.
Indosat juga menyelenggarakan Indonesia AI Day for Mining Industry, mempertemukan berbagai pemangku kepentingan untuk mengeksplorasi solusi berbasis AI, 5G, dan IoT dalam rangka menciptakan keberlanjutan dan meningkatkan efisiensi di salah satu sektor vital di Indonesia.
Indosat juga meluncurkan Digital Hub yang menghadirkan beragam layanan pilihan di bidang hiburan, e-commerce, kesehatan, dan gaya hidup, memperkaya pengalaman digital harian bagi jutaan masyarakat Indonesia. Langkah Indosat tidak sebatas pada dukungan gaya hidup digital, tetapi juga dalam komitmen bahwa teknologi harus inklusif dan dapat diakses oleh semua orang.
“Indosat kini berada di garis depan transformasi digital Indonesia, membuka jalan menuju masa depan yang inklusif, berkelanjutan, dan sejahtera melalui kekuatan teknologi,” katanya.
Editor : Wisnu Aji