Tim P2AD UMS Adakan Pelatihan Majalah Digital di Sekolah

SOLO, iNewsSleman.id - Tim Program Pengabdian Masyarakat Persyarikatan/AUM/Desa Binaan (P2AD) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menggelar pelatihan membuat majalah sekolah digital. Kegiatan dilakukan di Gedung Utara SMK Muhammadiyah Kartasura, Jumat (9/5/2025) kemarin.
Hadir pada kegiatan tersebut kepala sekolah Moh Prasetyo, S.T, M.Pd., Guru Bahasa Indonesia Sadiyah Nuraini, S.Pd., M.Pd., dan tim pengabdian masyarakat dari UMS.
Dalam kegiatan ini, tim UMS melaksanakan tindak lanjut dari program penulisan majalah sekolah yang telah dilakukan pada tahap sebelumnya, dengan tujuan memperkuat kemampuan menulis siswa, meningkatkan kualitas konten majalah, serta memastikan keberlanjutan program literasi sekolah secara lebih terstruktur dan terarah.
Ketua Pengabdian Dr. Main Sufanti, M.Hum mengatakan bahwa karya anak-anak ini akan menjadi karya yang megah dan bisa diabadikan di website sekolah. “Jadi ketika kalian sudah lulus karya kalian akan tetap melegenda,” ujar Main Sufanti, Sabtu (10/5/2025).
Melalui pelatihan majalah sekolah, kemampuan menulis siswa meningkat signifikan, seiring dengan berkembangnya kreativitas dan literasi mereka. Kegiatan ini dirancang untuk memberi ruang ekspresi yang sesuai dengan minat masing-masing siswa, sehingga mereka lebih termotivasi dan terlibat secara aktif dalam proses penulisan.
“Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya memperkuat keterampilan teknis dalam menulis, tetapi juga menumbuhkan rasa percaya diri, tanggung jawab, serta kepedulian terhadap isu-isu di lingkungan sekitar yang dapat dituangkan melalui karya jurnalistik sekolah,” tegasnya.
Siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pengabdian ini. Salah satu siswa atas nama Qwido Aziz mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif dan mampu mengembangkan bakat mereka dalam keterampilan menulis.
“Jadi kita bisa berpikir lebih kreatif melalui penulisan majalah sekolah digital ini. Selain itu, ilmu yang sudah kita miliki bisa dipublikasikan melalui majalah sekolah yang nanti dibaca oleh orang banyak,” ungkapnya dengan sangat antusias.
Guru pendamping dari SMK Muhammadiyah Kartasura Sadiyah Nuraini, S.Pd., M.Pd., sangat berharap kegiatan ini dapat berlanjut karena manfaatnya sangat sekali tidak hanya untuk siswa saja tapi bagi sekolah dan masyarakat luas juga.
“Dengan adanya kegiatan ini siswa menjadi lebih kreatif, menumbuhkan motivasi, dan siswa sangat antusias mengikuti kegiatan terbukti mereka selalu menanyakan kegiatan tersebut akan berlanjut lagi,” tambahnya.
Kegiatan pengabdian penulisan majalah sekolah ini memberikan dampak positif yang nyata dalam meningkatkan kemampuan literasi, kreativitas, dan keterampilan menulis siswa. Melalui pendekatan yang menyesuaikan dengan minat dan potensi masing-masing siswa, program ini berhasil menciptakan ruang ekspresi yang mendorong partisipasi aktif serta menumbuhkan rasa percaya diri dalam menyampaikan ide dan gagasan secara tertulis.
Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi awal dari budaya literasi yang berkelanjutan di lingkungan sekolah, serta menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya untuk mengembangkan program serupa dalam rangka mencetak generasi yang kritis, kreatif, dan melek media.
Editor : Ary Wahyu Wibowo