get app
inews
Aa Read Next : Open Tournament Bola Voli Piala Panglima TNI 2024 Meriahkan HUT ke-79 TNI

Sambut Taruna Tingkat 1 dan Pekan Budaya Tionghoa, AAU Gelar Kirab Drumband di Titik 0 Km Yogyakarta

Sabtu, 04 Februari 2023 | 21:00 WIB
header img
Aktraksi Kirab Drumband Taruna Akademi Angkatan Udara di Titik 0 Kilometer Yogyakarta (Foto: Ammar Mahir Hilmi)

YOGYAKARTA, iNewsSleman.id - Akademi Angkatan Udara (AAU) dalam menyambut Taruna Tingkat 1 2022, sekaligus meramaikan event Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) menggelar Kirab Drumband di sepanjang Malioboro hingga ke titik 0 Kilometer, Kota Yogyakarta (Sabtu, 4/2/2023).

Berdasarkan liputan redaksi iNews Sleman di lokasi pada Sabtu sore, (4/2/2023), terpantau dari Pasar Beringharjo hingga titik 0 kilometer Yogyakarta tampak dipadati oleh pengunjung yang hendak menyaksikan jalannya acara. Pengalihan arus lalu lintas mulai pukul 17.00 WIB turut dilakukan oleh pihak Kepolisian untuk menghindari kemacetan dan penumpukan kendaraan di sekitaran titik ini.

Kirab dan Display Drumband Taruna AAU ini mengambil start dari Halaman Kantor DPRD DIY, Jl. Malioboro menuju titik 0 Kilometer, dan berakhir di Sebelah Timur Alun-alun Utara Yogyakarta.

Derap langkah Unit Drumband tersebut disemarakkan oleh 149 Kopral Taruna yang melaksanakan 'Kirab Kulonuwun'. Mereka baru saja menyelesaikan pendidikan integrasi bersama para Taruna Akademi Militer dan Akademi Angkatan Laut (AAL) di Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah.

Pada kesempatan ini, para Karbol (Taruna AAU) diberi kesempatan untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan seluruh masyarakat yang hadir. Para kawula muda berkesempatan berdialog dan foto bersama dengan calon-calon Pimpinan TNI AU masa depan yang profesional dan tangguh.

Menurut Gubernur AAU, Marsda TNI Eko Dono Indarto, S.I.P. dalam sambutannya mengatakan, partisipasi AAU pada event ini lewat Kirab Drumband yang ditampilkan merupakan representasi bangsa Indonesia yang majemuk. Meski semua pihak yang terlibat memiliki perbedaan latar belakang, namun untuk Bangsa Indonesia semua melebur menjadi satu.

"Pada malam hari ini kita berkolaborasi dengan semua suku, etnis, dan bangsa. Semuanya memanggul satu nama, Indonesia untuk kebersamaan kita semua," ucap Eko Dono, Sabtu malam (4/3/2023).

Lebih lanjut, ia menambahkan, melalui Kirab Drumband ini diharapkan kedepannya AAU bisa terus berpartisipasi dalam berbagai event yang mampu memberikan dampak positif kepada Yogyakarta pada khususnya, dan Bangsa Indonesia pada umumnya.

"Mudah-mudahan pertemuan pada malam hari ini bisa kita lanjutkan dalam event-event yang lain, dalam rangka untuk ikut sama-sama membangun Kota Yogyakarta ini. Kita sama-sama membangun negara kita tercintai ini, sehingga kita bisa membuat maju negara yang kita banggakan ini," imbuhnya.

Editor : Ammar Mahir Hilmi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut