get app
inews
Aa Read Next : Nestlé Indonesia Konsisten Dukung Pemberdayaan Peternak Sapi Perah di Jatim

UAD Resmikan Laboratorium Pengelolaan Sampah di Caturharjo, Bantul

Kamis, 31 Agustus 2023 | 19:28 WIB
header img
Rektor Universitas Ahmad Dahlan atau UAD, Dr Muchlas, MT Meresmikan Laboratorium Pengelolaan Sampah di Bantul, Rabu (30/8/2023).

YOGYAKARTA, iNewsSleman.id - Universitas Ahmad Dahlan atau UAD resmikan laboratorium pengelolaan sampah di Kalurahan Caturharjo, Kacamatan Pandak, Kabupaten Bantul. Peresmian tersebut dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Bantul, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul, dan Majelis Pemberdayaan Masyarakat PWM Bantul. 

Dr. Muchlas, M.T, Rektor UAD mengungkapkan bahwa peresmian itu bertujuan untuk meningkatkan kerja sama yang telah dilakukan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul. Ia menambahkan jika kerja sama tersebut untuk mewujudkan program Bantul Bersih Sampah Tahun 2025.

“Prinsipnya kami dari UAD akan terus meningkatkan kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Bantul. Khususnya di dalam program-program pengolahan sampah,” jelas Muchlas dalam acara peresmian tersebut, Rabu (30/8/2023). 

Lebih lanjut, Muchlas menjelaskan bahwa kerja sama yang dilakukan UAD juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah. 

Selaras dengan hal tersebut, Istri Bupati Kabupaten Bantul sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Bantul, Emi Masruroh, menyambut baik adanya persemian laboratorium pengelolaan sampah di Kalurahan Caturharjo.

Ia mengatakan jika peresmian itu untuk meningkatkan kerja sama antara pemerintah daerah Kabupaten Bantul dengan UAD dalam mengelola sampah. 

“Kami mengucapkan terima kasih karena pada kesempatan hari ini kita bersama-sama dapat menyaksikan apa yang sudah diprogramkan oleh UAD bersama pemerintah Kabupaten Bantul dan juga Kalurahan Caturharjo,” jelasnya. 

Dalam penjelasannya, Emi mengharapkan jika laboratorium yang akan digunakan dapat bermanfaat untuk warga Kalurahan Caturharjo dan sekitarnya.

Ia menambahkan jika laboratorium itu ke depan dapat meningkatkan penelitian lebih lanjut dalam menindaklanjuti permasalahan sampah di Yogyakarta.

“Mudah-mudahan apa yang sudah kita saksikan bersama di sini (Kalurahan Caturharjo) dapat berkelanjutan dan bermanfaat bagi seluruh warga di Kabupaten Bantul,” tuturnya. 

Berkaitan dengan hal tersebut, Asisten Perekonomi dan Pembangunan Kabupaten Bantul, Pulung Haryadi, mengapresiasi kerja sama yang dilakukan UAD dengan Kalurahan Caturharjo dalam menanggulangi permasalahan sampah.

Ia menjelaskan bahwa bentuk kerja sama yang dilakukan itu merupakan konsep yang telah diarahkan oleh Bupati Bantul dalam mewujudkan Bantul Bersih Sampah Tahun 2025.

“Ucapan apresiasi dan terima kasih yang sesungguh-sungguhnya dan setulus-tulusnya kepada Rektor UAD dan jajarannya, juga kepada Lurah Caturharjo karena ini merupakan pencapaian luar biasa,” ujar Pulung. 

Sementara itu, Lurah Caturharjo, Wasdiyanto, menjelaskan bahwa saat ini masyarakat Kalurahan Caturharjo telah memiliki tekad untuk mengelola sampah secara mandiri.

Ia mengatakan adanya labolatorium pengelolaan sampah yang telah diresmikan juga untuk mewujudkan mimpi masyarakat Caturharjo untuk mandiri pengelolaan sampah.

“Kami bertekad dalam masa darurat sampah, di Kabupaten Bantul ini kita mencanangkan sebagai kalurahan mandiri sampah. Semoga dukungan dari berbagai pihak bisa mewujudkan tekad kami untuk menjadi kalurahan mandiri sampah,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Wasdiyanto mengharapkan bahwa dari persemian ini, UAD dapat memberikan bimbingan dan dukungan kepada masyarakat untuk menanggulangi permasalahan sampah.

“Kami sangat mengharap bimbingan, dukungan dari semuanya. Kami juga tahu sebenarnya untuk pilah sampah ini yang paling utama dari rumah tangga,” imbuhnya.

Editor : Bayu Arsita

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut