get app
inews
Aa Read Next : UAD Resmikan Laboratorium Pengelolaan Sampah di Caturharjo, Bantul

Nestlé Indonesia Konsisten Dukung Pemberdayaan Peternak Sapi Perah di Jatim

Selasa, 02 Juli 2024 | 00:05 WIB
header img
Nestlé Indonesia terus berkomitmen mendorong pemberdayaan peternakan sapi perah rakyat di Jawa Timur.

JAKARTA, iNewsSleman.id - Nestlé Indonesia terus menunjukkan komitmennya terhadap pertanian berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat. Salah satunya ialah inisiatif untuk pemberdayaan peternakan sapi perah rakyat di Jawa Timur (Jatim).

Hal ini dilakukan selain upaya pemenuhan kebutuhan pasokan susu segar untuk kegiatan operasional pabrik, juga sebagai kontribusi untuk membantu pengembangan komunitas peternakan sapi perah rakyat di sekitar wilayah operasional Nestlé untuk lebih tangguh dan makmur. 

“Sejalan dengan cara berbisnis yang kami usung yaitu Creating Shared Value, PT Nestlé Indonesia bermitra dengan para peternak sapi perah di Jawa Timur sebagai wujud komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka, serta mendukung peningkatan perekonomian di daerah. Saat ini, kami turut mendorong mereka untuk mengimplementasikan praktik pertanian berkelanjutan sebagai bagian untuk melestarikan sumber daya bagi generasi mendatang,” kata Syahrudi, Head of Sustainable Agriculture PT Nestlé Indonesia melalui siaran pers, Senin (1/7/2024).

Hubungan Nestlé Indonesia dengan komunitas peternak sapi perah di Jawa Timur telah berlangsung selama hampir lima dekade, dengan kemitraan pertama terjalin pada 1975. Pada tahun tersebut, Nestlé Indonesia menjalin kerja sama dengan Koperasi Susu SAE Pujon dengan membeli 160 liter susu segar untuk dipergunakan bahan baku pabrik pertama Nestlé yang berada di Waru, Jawa Timur.

Dalam perjalanannya Nestlé Indonesia telah bekerja sama dengan 31 koperasi di Jawa Timur, dengan lebih dari 15.000 anggota yang merupakan para peternak sapi perah rakyat.  Nestlé Indonesia menyadari perlunya lebih banyak dukungan untuk meningkatkan peternakan sapi perah rakyat di Jawa Timur. 

Untuk itu, pada 1985, perusahaan membentuk AgriService, tim khusus yang bertugas mendampingi para peternak untuk membantu mereka meningkatkan produktivitas dan kualitas susu segar mereka. Hal ini menandai perubahan signifikan menuju pendekatan yang lebih kolaboratif, di mana Nestlé secara aktif terlibat dengan komunitas peternak untuk mengatasi kebutuhan dan tantangan spesifik mereka. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut