get app
inews
Aa Read Next : Tak Sekedar Ibadah, Ini Manfaat Sholat Dhuha Bagi Kesehatan Tubuh

Ini Manfaat Sholat Dhuha, Tidak Hanya Pembuka Pintu Rezeki

Selasa, 05 September 2023 | 05:46 WIB
header img
Sholat, Ini Manfaat Sholat Dhuha. Ternyata tidak sekedar membuka pintu rezeki. (Foto: Doc iNews).

YOGYAKARTA, iNewsSleman.id - Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan setelah matahari terbit sampai menjelang waktu Dzuhur, dengan jumlah rakaat paling sedikit 2 rakaat dan terbanyak 12 rakaat.

Jika dilihat dari siklus perputaran matahari di Indonesia, waktu untuk menunaikan Sholat Dhuha adalah sekitar pukul 07.00-11.00 WIB.

Salah satu manfaat Sholat Dhuha ialah menjadi pembuka pintu rezeki bagi siapa saja yang mengerjakannya.

Namun, manfaat yang bisa diperoleh dari sholat Dhuha tidak hanya sebatas tentang rezeki, melainkan masih ada banyak lagi mencakup kebaikan di dunia hingga akhirat.

Manfaat Sholat Dhuha

Dirangkum dalam buku Rahasia Kedahsyatan Sholat Sunnah Setahun Penuh (2016) dan sumber lainnya, berikut manfaat dan keistimewaan sholat Dhuha yang bisa diperoleh apabila mengamalkannya.

1. Membuka Pintu Rezeki

Seorang Muslim yang rajin mengamalkan sholat sunnah Dhuha akan dilimpahkan oleh Allah rezeki serta keberkahannya.

Rasulullah SAW bahkan menganjurkan pengikutnya untuk sholat dhuha sebelum melakukan aktivitas. Sebab, sholat dhuha layaknya pintu awal kesuksesan seseorang dalam memulai aktivitasnya.

Selain rezeki dalam bentuk materi, manfaat lain yang didapat yakni hati yang tenang, jauh dari ketamakan, serta menjadi pribadi selalu bersyukur.

2. Dijauhkan dari Bisikan Setan untuk Berbuat Dosa

Orang yang senantiasa menjaga amalan sholat Dhuha, maka Allah akan menjauhkannya dari gangguan dan godaan setan.

Oleh karena itu, segala amal perbuatannya akan jauh dari maksiat serta hal-hal buruk dari pagi sampai siang.

3. Sholat Dhuha Menggantikan Sedekah 360 Persendian

Sesuai firman Allah SWT yang diturunkan kepada para Rasul-Nya, setiap Muslim wajib bersedekah dengan 360 sendi yang ada di badannya.

Setiap persendian manusia diwajibkan untuk menunaikan sholat dan sedekah. Hal ini menjadi ladang pahala bagi orang yang mengerjakan sholat Dhuha karena pahalanya setara dengan mengeluarkan sedekah dari 360 persendian di badan.

Dari Abu Dzar Al-Ghifari ra, Rasulullah bersabda:

"Di setiap sendiri seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahailallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah, dan dua rakaat Dhuha diberi pahala." (HR Muslim).

4. Pahalanya Setara dengan Haji dan Umroh

Seorang muslim yang menunaikan sholat sunnah Dhuha akan mendapat pahala seperti orang-orang yang menunaikan haji dan umrah.

Pahala ini diberikan kepada Muslim yang rajin menunaikan sholat Dhuha, dan terlebih dulu mengikuti sholat Subuh berjamaah di masjid, serta memperbanyak zikir.

5. Dibangunkan Rumah di Surga

Manfaat sholat Dhuha selanjutnya yaitu dibangunkan rumah di surga, sebagaimana bunyi hadisnya berikut:

"Barang siapa yang sholat Dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga." (Shahih al-Jami:634)

6. Mendapat Ampunan Dosa

Sholat Dhuha adalah ibadah yang ditunaikan oleh orang-orang yang ingin bertobat dan kembali taat kepada Allah SWT untuk mendapat ampunan dosa.

"Siapa pun yang melaksanakan sholat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan." (Shahih al-Jami:6346).

7. Menyembuhkan Penyakit

Sholat Dhuha yang dilaksanakan ketika matahari mulai beranjak naik merupakan waktu yang baik untuk memanaskan tubuh sebelum beraktivitas.

Hal ini membuat sholat Dhuha dapat mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan termasuk menyembuhkan segala macam penyakit, mulai dari stres, stroke, asam urat, hingga sakit asam lambung.

Editor : Bayu Arsita

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut