get app
inews
Aa Read Next : Ini Manfaat Sholat Dhuha, Tidak Hanya Pembuka Pintu Rezeki

Tak Sekedar Ibadah, Ini Manfaat Sholat Dhuha Bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 05 September 2023 | 06:10 WIB
header img
Image Sholat. Sholat Dhuha Ternyata Juga Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh. (Foto: doc iNews).

YOGYAKARTA, iNewsSleman.id - Sholat Dhuha memberikan sejumlah keutamaan ketika dikerjakan di pagi hari. Bukan hanya mendatangkan pahala yang melimpah tetapi juga memberikan manfaat baik bagi kesehatan fisik hingga mental.

Shilat Dhuha tidak hanya bernilai ibadah, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh dan suasana hati. Sama halnya shalat wajib, sholat dhuha juga terdapat gerakan yang harus dilakukan.

Sehingga gerakan tersebut secara tidak langsung membuat kita melakukan kegiatan olahraga.

Berikut manfaat sholat dhuha bagi kesehatan:

1. Kesehatan Tubuh

Sholat dhuha dilaksanakan di waktu pagi mulai pukul 08.00 sampai waktu sebelum dzuhur. Waktu tersebut merupakan waktu yang sangat baik untuk berolahraga.

Selain itu, gerakan yang dilakukan saat sholat dhuha juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang serta otot. Pasalnya, saat melaksanakan sholat, setiap persendian bergerak, mulai dari tangan, siku sampai kaki, sehingga secara tidak langsung membuat tubuh aktif bergerak.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Sama dengan kesehatan tubuh, dalam pergerakan sholat dhuha juga bisa membantu melancarakan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia. Mulai dari mengangkat kedua tangan, membungkuk saat gerakan ruku, kemudian juga gerakan sujud yang mana kepala berada lebih rendah dibandingkan badan.

Pada saat posisi kepala lebih rendah dari badan, darah dapat mengalir ke kepala, kemudian pada saat duduk aliran darah dinormalkan kembali. Pada pergerakan tersebut tentu dapat melancarkan peredaran darah manusia.

3. Membuat Jiwa Lebih Tenang

Manfaat lain dari sholat dhuha adalah membuat jiwa lebih tenang. Pasalnya, beberapa gerakan dalam sholat yang dilakukan bisa mempengaruhi kondisi tubuh.

Pada gerakan sholat yang dilakukan tersebut, bisa menjaga kesehatan tubuh, menjaga rohani, yang akan membuat jiwa lebih tenang.

Tidak hanya itu, penggemar sholat dhuha juga akan mendapatkan kelancaran rezeki serta pintu-pintu rezekinya akan terbuka. Oleh karena itu, dengan keyakinan tersebut jiwa akan merasa lebih tenang.

4. Menghilangkan Stres

Manfaat berikutnya ketika melaksanakan sholat dhuha yaitu menghilangkan stres dan memberikan ketenangan batin. Hal itu didapatkan oleh umat muslim yang mengerjakan sholat di waktu pagi.

Bagaimana tidak, ketika di waktu pagi ingin mengerjakan sholat dhuha, penggemar dhuha akan mengambil wudhu terlebih dahulu. Dengan berwudhu di waktu pagi, bisa membuat batin dan pikiran menjadi tenang, apalagi ditambah dengan gerakan sholat.

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Buat Wajah Bercahaya

Kemudian menjaga kesehatan kulit dan membuat wajah bercahaya merupakan salah satu manfaat dari melaksanakan sholat dhuha. Pasalnya, saat mengambil air wudhu dan dibasuh ke wajah, itu akan membuat kulit senantiasa dalam keadaan bersih.

Bagi yang gemar sholat dhuha akan mendapatkan anugerah berupa wajah yang bercahaya. Apalagi ketika melaksanakan sholat 5 waktu dan sholat sunnah lainnya.

Editor : Bayu Arsita

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut