get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Sumpah Pemuda, Polres Kulonprogo Tebar 14.000 Benih Ikan

Rayakan Tahun Baru Puluhan Orang Bernama Agus Tebar Benih Ikan di Kulonprogo

Selasa, 02 Januari 2024 | 08:39 WIB
header img
Puluhan warga Kulonprogo bernama Agus menebar benih ikan di aliran Sungai Serang untuk merayakan tahun baru. (foto: istimewa)

KULONPROGO, iNewssleman.id - Puluhan orang bernama Agus yang tergabung dalam Paguyuban Agus Manunggal Indonesia (PAMI) menebar benih ikan di sejumlah lokasi di Sungai Serang Kulonprogo. Selain untuk mengakrabkan antaranggota, kegiatan ini untuk merayakan tahun baru 2024.

PAMI merupakan komunitas yang beranggotakan orang yang memiliki nama Agus. Siapapun yang memiliki nama Agus bisa bergabung dalam komunitas ini, tanpa memandang strata sosial dan ekonomi. Mereka berkomitmen untuk melakukan kegiatan sosial, peduli masyarakat dan lingkungan.

“Sengaja kami memilih menggelar baksos, menebar benih ikan ini, dari pada kegiatan lain yang cenderung berfoya-foya,” kata Ketua Umum PAMI, Agus Purwanto, disela menebar benih ikan di Sungai Serang, Kulonprogo

Setidaknya ada lebih dari 5.000 benih ikan yang ditebar. Penebaran benih ikan juga dilakukan di destinasi wisata Kedung Lempeng di aliran Sungai Clereng. Benih ikan yang ditebar berupa ikan nilem, tombro dan juga ikan tawes.

“Kami berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya dengan menebar benih ikan ini,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya menjaga ekosistem ikan di Kulonprogo. Ikan yang dilepas merupakan ikan endemi yang banyak berkembang di perairan di Kulonprogo.

“Kegiatan ini juga untuk lebih mengenal anggota kami. Siapapun yang bernama Agus bisa bergabung, karena organisasi ini nonpolitik, nonsara yang lebih banyak di kegiatan sosial,” katanya.

Salah satu peserta Agus Sujarwo mengaku tertarik untuk bergabung karena melihat komunitas ini memiliki kegiatan yang positif. Salah satunya memperbaiki ekosistem di alam.

“Saya baru saja bergabung karena tertarik bertemua dengan teman-teman Agus se-Indonesia yang fokus kegiatan sosial,” katanya.

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut