get app
inews
Aa Read Next : Kamagrista UNS Dorong Pemanfaatan Limbah Jahe di Genengan Karanganyar

Ini Sosok 4 Guru Besar Baru UNS yang Dikukuhkan di Awal Tahun 2024

Senin, 15 Januari 2024 | 17:56 WIB
header img
4 Guru Besar baru UNS yang akan dikukuhkan di Auditorium GPH Haryo Mataram, Selasa (16/1/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menambah 4 Guru Besar baru di awal tahun 2024. Mereka akan dikukuhkan Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho Selasa (16/1/2024) di Auditorium GPH Haryo Mataram.

Empat Guru Besar yang akan dikukuhkan yakni Prof Dr Peduk Rintayati, M.Pd dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP); Prof Dr dr Trisulo Wasyanto, SpJP (K), FIHA, FAPSC, FAsCC dari Fakultas Kedokteran (FK); Prof Dr Indah Widiastuti, S.T., M.Eng. dari FKIP dan Prof Dr Sc Agr Ir. Rahayu, S.P, M.P dari Fakultas Pertanian (FP). Keempat Guru Besar baru ini siap memperkuat posisi UNS baik di kancah nasional maupun internasional.

"Selamat kepada 4 Guru Besar baru, semoga dengan disiplin ilmunya masing-masing dapat memberikan manfaat tidak hanya untuk UNS namun juga untuk masyarakat,” kata Sekretaris Senat Akademik UNS, Prof Dr Mohammad Jamin, SH, M.Hum, Senin (15/1/2024).

Prof Peduk Rintayati merupakan Guru Besar ke-78 FKIP dan ke-299 UNS. Ia u akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Pendidikan IPA SD pada FKIP. Pidato inagurasi yang akan dibawakan berjudul ‘Penguatan Empati Lingkungan di Sekolah Dasar melalui Stimulasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan’.

Sementara, Prof Trisulo Wasyanto merupakan Guru Besar ke-49 FK dan ke-300 UNS. Ia akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Jantung dan Pembuluh Darah Perawatan Intensif dan Kegawatan Kardiovaskuler pada FK. Pidato inagurasi yang akan dibawakan berjudul ‘’Peran Novel Biomarker Dalam Diagnostik dan Prognostik Serangan Jantung Mendadak’.

Sedangkan Prof Indah Widiastuti merupakan Guru Besar ke-79 FKIP dan ke-301 UNS. Dia akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Teknik Material pada FKIP. Pidato inagurasi yang akan dibawakan berjudul ‘Eksplorasi Material Berbasis Plastik Daur Ulang dalam Penguatan Green Skills pada Technical Vocational Education & Training (TVET)’.

Sementara itu, Prof Rahayumerupakan Guru Besar ke-45 FP dan ke-302 UNS. Beliau akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Pedology dan Survey Tanah pada FP. Pidato inagurasi yang akan dibawakan berjudul ‘Implementasi Pedologi Dalam Menjawab Kebutuhan Pertanian dan Non Pertanian di Masa Depan’.

Prof Jamin berharap empat Guru Besar baru ini dapat memotivasi dosen-dosen lainnya yang belum menjadi Guru Besar. “Ayo semangat, semoga ini bisa menginspirasi dosen-dosen lain yang belum Guru Besar supaya segera mengurus dan menjadi Guru Besar,” ucapnya.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut