get app
inews
Aa Read Next : Kamagrista UNS Dorong Pemanfaatan Limbah Jahe di Genengan Karanganyar

Panitia Pemilihan Anggota MWA UNS Terbentuk, Ini Tugasnya

Sabtu, 20 Januari 2024 | 00:49 WIB
header img
Ketua Senat Akademik UNS Prof. Dr. Sri Sulistyowati, dr., Sp.OG. (K) dan Sekretaris Senat Akademik UNS, Prof. Dr. Mohammad Jamin, S.H., M.Hum saat memberikan keterangan pers, Jumat (20/1/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id – Panitia Pemilihan Anggota (PPA) Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo periode 2024-2029 telah terbentuk. Pembentukan PPA MWA UNS sesuai Surat Keputusan Senat Akademik UNS Nomor 20/UN.27.SA/TP.01/2024.

Sebelumnya, telah terbentuk Peraturan Majelis Wali Amanat (PMWA) UNS Nomor 1 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota MWA.

Ketua Senat Akademik (SA) UNS, Prof. Dr. Sri Sulistyowati, dr., Sp.OG. (K). menyampaikan, PPA MWA terdiri atas pengarah, yaitu Rektor dan Ketua Dewan Profesor UNS, kemudian Ketua (dalam hal ini ex-officio Ketua Senat Akademik) dan 12 orang anggota Senat Akademik yang mewakili masing-masing Fakultas dan Sekolah.

“Setelah ada PMWA UNS No. 1 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota MWA, kita tindak lanjuti dengan membuat PPA MWA UNS yang sudah terbentuk pada 17 Januari kemarin. Kemudian setelah itu, PPA MWA akan menjalankan tugasnya salah satunya adalah memilih Bakal Calon (Balon) anggota MWA UNS,” kata Prof Sulistyowati, Jumat (20/1/2024).

Sekretaris Senat Akademik UNS, Prof. Dr. Mohammad Jamin, S.H., M.Hum. menyampaikan tugas PPA MWA UNS. Pertama yaitu menetapkan format kelengkapan administrasi Balon Anggota MWA. Kemudian menyusun tahapan dan jadwal pemilihan calon anggota MWA dan menyusun tata tertib pemilihan calon anggota MWA.

Lalu melakukan sosialisasi kepada sivitas akademika UNS dan masyarakat melalui pengumuman pada laman UNS, media cetak dan/atau media elektronik. Melaksanakan pendaftaran Balon anggota MWA dan memfasilitasi pemilihan calon anggota MWA.

Tidak hanya itu, PPA MWA UNS juga bertugas menerima dan melakukan seleksi administrasi kelengkapan dokumen pemenuhan persyaratan Balon anggota MWA serta menyampaikan hasil seleksi administrasi kepada SA, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS, Wakil Rektor Umum dan SDM serta Dewan Mahasiswa.

Nantinya, anggota MWA UNS berjumlah 17 orang yang terdiri atas Menteri dalam hal ini Mendikbudristek RI, Rektor, Ketua Senat Akademik, wakil dari masyarakat berjumlah 4 orang, wakil dari Senat Akademik 7 orang, wakil dari alumni 1 orang, wakil dari tenaga kependidikan 1 orang dan wakil dari mahasiswa 1 orang.

“Penyusunan timeline pemililıan anggota MWA, termasuk didalamnya persyaratan dan prosedur pendaftarannya yang sedang dalam proses finalisasi, akan ditayangkan di kanal resmi UNS diantaranya website dan media sosial,” ujarnya.

 

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut