get app
inews
Aa Read Next : Jabat Rektor UNS Periode 2024-2029, Prof Hartono Usung 9 Program The Dream Team

MWA Tetapkan Prof Hartono Rektor UNS Terpilih 2024-2029 Lewat Musyawarah Mufakat

Kamis, 18 Juli 2024 | 23:27 WIB
header img
Rektor UNS terpilih periode 2024-2029 Prof Dr Hartono, dr M.Si. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id Pemilihan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo periode 2024-2029 berjalan mulus. Melalui musyawarah mufakat, Majelis Wali Amanat (MWA) UNS sepakat menetapkan Prof Dr Hartono, dr M.Si sebagai rektor terpilih.

Penetapan setelah MWA UNS mengadakan Rapat Pleno MWA Pemilihan Rektor yang dihadiri 16 anggota, Kamis (18/7/2024) di Gedung UNS Tower Ki Hadjar Dewantara. Hadir secara langsung Prof Dr Ir Sri Suning Kusumawardani, ST MT selaku Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi sebagai pejabat yang diberi kuasa oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) untuk menghadiri sekaligus melakukan pemilihan rektor.

Ketua MWA UNS Prof Muliaman Darmansyah Hadad, Ph.D menyampaikan, sebelum agenda Pemilihan Rektor berlangsung, MWA mengundang seluruh calon rektor untuk menyampaikan paparan mengenai visi, misi, dan program kerjanya di hadapan MWA.

Setiap calon rektor diberi waktu 15 menit untuk melakukan pemaparan. Pendalaman visi, misi, dan program kerja para calon rektor dilakukan melalui tanya jawab oleh MWA selama 20 menit untuk masing-masing calon rektor. 

“Berdasarkan hasil paparan dan hasil pendalaman, MWA melakukan musyawarah dan mufakat dengan suara bulat menetapkan Prof Dr Hartono, dr M.Si sebagai Rektor Terpilih UNS masa jabatan 2024-2029,” kata Muliaman.

Sesuai dengan ketentuan pasal 44 ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) Peraturan MWA Nomor 4 Tahun 2024 tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor Masa Jabatan 2024-2029, rektor terpilih harus menyerahkan surat keputusan pemberhentian dari jabatannya kepada MWA melalui Panitia Pemilihan Rektor (PPR) paling lambat pada 1 Agustus 2024. Apabila tidak menyerahkan, rektor terpilih dinyatakan mengundurkan diri.

“Dengan telah ditetapkannya Prof Dr Hartono, dr, M.Si sebagai rektor terpilih, maka agenda pemilihan rektor yang tersisa yaitu Pelantikan Rektor Terpilih pada 8 Agustus 2024 yang akan disiarkan secara langsung melalui Kanal Youtube UNS. Diharapkan seluruh Warga Kampus UNS ikut menyaksikan perhelatan acara tersebut,” katanya.

MWA mengucapkan selamat kepada Prof Hartono sebagai Rektor Terpilih UNS Masa Jabatan 2024-2029. MWA berharap setelah nantinya dilantik, Rektor Terpilih dapat mengemban amanah sebaik-baiknya dengan langsung bekerja mengaktualisasikan visi misinya untuk menjadikan UNS yang lebih baik.

“MWA mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi seluruh anggota PPR yang telah bekerja dari awal hingga saat ini. Kepada seluruh Warga Kampus UNS pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, MWA juga mengucapkan terima kasih atas kontribusinya dalam mengawal dan mengawasi rangkaian panjang tahapan Pemilihan Rektor sampai dengan saat ini,” kata Muliaman.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut