get app
inews
Aa Read Next : Indeks Pembangunan Pemuda Indonesia 56,33, Kemenpora: Perlu Kolaborasi Menuju Indonesia Emas 2045

Arief Rosyid Hasan Ingatkan Pemuda Pentingnya Kebudayaan

Kamis, 29 Februari 2024 | 13:15 WIB
header img
Ketua Umum PB HMI tahun 2013-2015, M Arief Rosyid Hasan saat menyampaikan pidato kebudayaan di Pendopo Javanologi UNS, Rabu (28/2/2024) malam. Foto: AW Wibowo

SOLO, iNewsSleman.id - Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tahun 2013-2015, M Arief Rosyid Hasan mengingatkan para pemuda tentang pentingnya kebudayaan. Kebudayaan harus bisa menggerakkan anak-anak muda agar aktif, dan partisipatif.

“Indonesia sejak 2012 sampai 2038 adalah periodisasi yang penting karena Indonesia mendapatkan bonus demografi. Kalau bonus demografi bisa dipetik, maka kita akan menjadi negara maju seperti Korea, Cina, dan Singapura,” kata Muhammad Arief Rosyid Hasan usai menyampaikan pidato kebudayaan dengan tema “Gerbong Pemuda dan Visi Indonesia Emas 2045” di Pendopo Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS), Rabu (28/2/2024) malam. 

Mengutip pujangga Solo Ronggowarsito, anak muda penting memahami masa lalu untuk berpijak masa kini dan masa depan. Dengan kehadiran media sosial (medsos), anak-anak muda kini jarang membaca, menulis, berinteraksi dengan para senior, dan tokoh-tokoh budaya. Padahal itu sangat penting untuk mengenali dari mana mereka berasal dan menatap masa depan lebih baik. 

“Kami ingin meletakkan itu pada anak-anak muda, kami berkeliling dari satu kota ke kota lainnya, sekarang ada di Solo untuk mengirim pesan itu,” ucapnya. 

Dikatakannya, Solo sangat kaya dengan budaya dan kota yang sangat revolusioner. Solo merupakan kota yang menjadi awal lahirnya pemikiran untuk kebangkitan nasional, di antaranya lahirnya Serikat Dagang Islam. 

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut