get app
inews
Aa Read Next : Tragis, Pemotor di Kulonprogo Tewas Tabrak Pikap

Minat Siswa Kuliah Meningkat, SMAN 1 Temon Gelar Edu Expo 2024

Kamis, 29 Februari 2024 | 21:35 WIB
header img
SMAN 1 Temon menggelar Edu Expo 2024 menghadirkan 26 PTN/PTS di Yogyakarta untuk menjembatani siswa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. (foto: kuntadi)

KULONPROGO, iNewssleman.id - Sebanyak 26 perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Yogyakarta mengikuti Edu Expo 2024 yang diselenggarakan SMAN 1 Temon, Kamis (29/2/2024). Kegiatan ini untuk menjembatani siswa untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, seiring meningkatnya minat siswa untuk kuliah

Kepala SMAN 1 Temon Lestari Asih Partiwi mengatakan, Edu Expo rutin dilaksanakan sekolah untuk menjembatani siswa dalam memilih perguruan tinggi dan jurusan yang akan dipilih. Tahun ini kegiatan diikuti 26 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, termasuk LPK dan Balai Latihan Kerja (BLK). 

“Ada 26 perguruan negeri dan swasta yang ikut Edu Expo tahun ini, termasuk LPK dan BLK,” kata dia. 

Menurutnya, kegiatan kali ini juga mengundang orang tua siswa kelas XII yang sebentar lagi lulus. Harapannya peserta didik dan orang tua bisa memilih kampus dan jurusan yang dikehendaki siswa sesuai bakat dan minatnya. Sebab banyak anak yang kuliah tetapi tidak tuntas karena jurusan yang dipilih tidak sesuai. 

“Harapannya anak dan orang tua memiliki perencanaan yang jelas. Sekolah juga akan mendukung dan membimbing siswa untuk memiliki jurusan,” katanya. 

Diakuinya, minat siswa SMAN 1 Temon untuk melanjutkan kuliah terus meningkat. Dari survei yang dilaksanakan sekolah kepada 126 siswa, ada 65 yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana. Sedangkan sisanya sekitar 35 persen akan diarahkan mengikuti pendidikan lanjutan di BLK yang dikelola Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang menawarkan program pengembangan kewirausahaan keterampilan.

“Tahun lalu hanya 60 persen termasuk sekolah kedinasan dan TNI/Polri. Tetapi tahun ini di luar kedinasan sudah 65 persen,” katanya. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut