get app
inews
Aa Read Next : Mudahkan Lulusan Cari Kerja, UMY Terapkan Double Degree

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Mulai Terima Pendaftaran Mahasiswa Baru

Kamis, 29 Februari 2024 | 22:43 WIB
header img
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyosialisasikan program seleksi mahasiswa baru. (foto: istimewa)

SLEMAN, iNewssleman.id - Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta mulai melaksanakan seleksi mahasiswa baru, melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). Ada 44 program studi yang dipilih calon mahasiswa. 

Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN Sunan Kalijaga Iswandi Syahputra mengatakan, ada banyak jalur untuk bisa menjadi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. SPAN PTKIN hanya salah satu jalur saja. 

“SPAN–UM PTKIN menjadi jalur masuk dari Prodi-Prodi Keagamaan. Sementara untuk Prodi Umum dapat melalui SNBP yang menyediakan kuota 20 persen, SNBT yang menyediakan kuota 15 persen, keduanya berbasis sistem, kompetinya nasional, bersamaan dengan universitas negeri se-Indonesia,” kata dia pada sosialisasi SPAN-UM PTKIN Tahun 2024, Senin (26/02/24).  

Menurutnya, Prodi umum di UIN Sunan Kalijaga kualitasnya sudah sejajar dengan universitas ternama lainnya. Kampus ini memiliki keunggulan kompetitif, seperti Prodi Komunikasi akreditasinya sudah Unggul ditambah Akreditasi Internasional dari FIBAA.  

Prodi Keagamaan melalui jalur SPAN-PTKIN menyediakan kuota 30 persen, UM-PTKIN 50 persen. Ada lagi jalur mandiri, di antaranya keberagamaman, 3T (daerah Terluar, Tertinggal, Terdalam), dan lain-lain.  

Kuota setiap tahunnya tidak lebih dari 5.000 mahasiswa untuk menjaga mutu lulusan. Uang kuliah tunggal (UKT) termurah se-Indonesia, tetapi kualitas tinggi dengan lingkungan pembelajaran yang multikultural. 

“Setiap tahun ada ratusan mahasiswa yang meraih juara dalam kompetisi tingkat nasional maupun dunia,” katanya. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut