get app
inews
Aa Read Next : Keren, Mahasiswa UNY Cipakan Mainan Mekanikal Edukatif Berbahan Kayu

Mudahkan Lulusan Cari Kerja, UMY Terapkan Double Degree

Senin, 25 Maret 2024 | 22:11 WIB
header img
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK, Prof Faris Al-Fadhat

BANTUL, iNewssleman.id - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan peluang kepada mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Salah satunya dengan program double degree dan joint degree, sehingga lulusan nantinya lebih siap bekerja. 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK, Prof Faris Al-Fadhat mengatakan, kualitas akademik akan menjadi penopang bagi para lulusan dalam memasuki dunia pekerjaan. Dalam dunia pekerjaan maupun dunia industri akan melihat latar belakang pendidikan yang dimiliki oleh pelamar kerja. 

"UMY telah menyediakan program yang dapat memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki latar belakang pendidikan yang lebih luas karena setelah lulus, mahasiswa akan mendapatkan dua ijazah dan gelar sekaligus. Ini dapat meningkatkan kualitas akademik mahasiswa karena berkesempatan untuk belajar di dua perguruan tinggi yang berbeda,” ujar Faris, Senin (25/3/2024).

Menurut dia, memiliki dua gelar sekaligus tidak menjadi satu-satunya keunggulan dalam memasuki dunia kerja. Mahasiswa yang mengambil program tersebut memiliki pengalaman yang akan didapatkan. Dengan berkuliah di dua perguruan tinggi terutama di luar negeri akan memperluas wawasan dan koneksi, sehingga dapat memudahkan mahasiswa ketika akan melamar pekerjaan setelah lulus.

Saat ini UMY memiliki dua program bagi mahasiswa untuk dapat lulus dengan dua gelar akademik,bekerja sama dengan Asia University dan Chang Gung University di Taiwan. Asia University terbuka bagi sembilan program studi di UMY yaitu Hubungan Internasional, Hukum, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Komunikasi yang seluruhnya merupakan kelas internasional, serta Teknik Elektro dan Magister Manajemen untuk kelas reguler. Sementara program double degree dengan Chang Gung University diperuntukkan bagi program studi Teknik Mesin UMY.

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut