SOLO, iNewsSleman.id - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus menghadirkan customer experience sebagai upaya meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah. Customer experience yang positif di setiap layanan diharapkan juga menarik potensi nasabah baru yang berkualitas di berbagai daerah.
Hal ini dilakukan antara lain dengan konsisten menerapkan budaya kerja yang mengutamakan nasabah (customer centricity), serta mengoptimalkan keandalan produk dan kapabilitas layanan. Sehingga dapat menjawab kebutuhan nasabah yang terus berkembang, termasuk di Solo.
Customer experience menjadi bagian penting CIMB Niaga untuk memperkuat pertumbuhan bisnis di masa depan, termasuk di segmen consumer banking,” kata Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Noviady Wahyudi di Solo, Rabu (27/3/2024).
Turut hadir dalam kesempatan itu, Head of Region Jawa Barat dan Jawa Tengah CIMB Niaga Andiko Manik dan Presiden Direktur CIMB Niaga Auto Finance/CNAF Ristiawan Suherman.
Karena itu, CIMB Niaga mengelola customer experience dengan mengembangkan percepatan proses layanan, meningkatkan kemudahan nasabah dalam aktivitas perbankan, dan meningkatkan kenyamanan serta keamanan dalam bertransaksi pada semua kanal perbankan yang tersedia.
“Di segmen consumer banking, kami terus berinovasi untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam memenuhi kebutuhan perbankan dengan produk dan layanan yang unggul. Mulai dari menabung, bertransaksi, meminjam dana sesuai kebutuhan, hingga membeli proteksi dan berinvestasi sesuai profil risiko masing-masing nasabah dapat dilakukan dengan mudah baik secara offline di kantor cabang maupun melalui kanal digital,” katanya.
Sesuai aspirasi untuk menjadi Bank of Wealth, salah satu fokus CIMB Niaga adalah mendukung masyarakat untuk berani berinvestasi, karena dapat dilakukan dengan penempatan dana terjangkau mulai dari Rp10 ribu (most affordable). CIMB Niaga menyediakan layanan wealth management yang unggul dengan pilihan produk investasi yang lengkap (most complete) mencakup 72 pilihan produk reksa dana dan lebih dari 200 pilihan obligasi pemerintah dan perusahaan, serta instrumen investasi lainnya.
Selain itu, layanan CIMB Niaga juga didukung powerful wealth platform melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks, sehingga makin memudahkan masyarakat yang ingin berinvestasi (most accessible).
Sebagai wujud nyata dukungan nyata kepada masyarakat Solo yang merupakan salah satu pusat perdagangan dan ekonomi kreatif di Jawa Tengah, selama 2023 CIMB Niaga aktif menghadirkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan customer experience dan literasi pengelolaan keuangan, investasi, dan bisnis.
Hal itu antara lain dilakukan melalui signature event Wealth Xpo sebagai apresiasi untuk nasabah CIMB Preferred, Wealth Xpo on Campus di Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai ajang edukasi investasi bagi mahasiswa, dan Kejar Mimpi Lokal Berdaya yang memberikan edukasi bisnis untuk para pengusaha dan calon pengusaha UKM.
“Selain untuk meningkatkan literasi, kegiatan-kegiatan tersebut juga menjadi wadah bagi CIMB Niaga untuk memberikan pengalaman perbankan yang berkesan secara langsung kepada masyarakat sehingga lebih mengenal CIMB Niaga. Kami akan terus menghadirkan berbagai kegiatan menarik untuk nasabah dan masyarakat di Solo, sejalan dengan fokus kami yang akan mengoptimalkan pertumbuhan bisnis di kota-kota di luar Jakarta,” ujar Noviady.
Dikatakannya, beragam inovasi dan kemudahan layanan yang diberikan di segmen consumer banking, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga. Pada tahun 2023, CIMB Niaga memperoleh laba sebelum pajak konsolidasi (audited) sebesar Rp8,4 triliun, naik sebesar 27,0 persen year-on-year (YoY), dan menghasilkan earnings per share Rp259,45.
“Kinerja menggembirakan yang berhasil kami raih pada 2023 mencerminkan konsistensi kami dalam menjaga ketahanan, agility, dan pendekatan yang berorientasi pada nasabah. Kami senantiasa berusaha untuk meningkatkan pertumbuhan laba, seperti terlihat pada peningkatan laba sebelum pajak yang mencapai Rp8,4 triliun atau tertinggi hingga saat ini,” tuturnya.
Penting untuk digarisbawahi adalah perbaikan dalam kualitas aset, seperti yang ditunjukkan oleh penurunan signifikan pada rasio kredit bermasalah (Gross Non Performing Loan-NPL) yang turun dari 2,8 persen pada Desember 2022 menjadi 2,0 persen pada Desember 2023, yang merupakan pencapaian NPL terendah CIMB Niaga. Pihaknya ke depan akan tetap menyediakan solusi keuangan terbaik yang relevan guna menjawab kebutuhan nasabah yang beragam dan terus berkembang.
Selain fokus dalam meraih pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga juga berpartisipasi aktif dan berkontribusi terhadap pemberdayaan lingkungan dan sosial. Adapun di Solo, pada Ramadan ini CIMB Niaga berbagi sembako dengan masyarakat, khususnya anak yatim dan para penyandang disabilitas (tunanetra) yang tergabung dalam Yayasan Solusi Kita, Difabel Berdaya, melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Azhar Peduli.
Editor : AW Wibowo