get app
inews
Aa Read Next : Jadi Sosok Potensial di Pilkada Solo, Kevin Fabiano Kedepankan Tata Krama

Kisruh Sistem KomandanTe, Sejumlah Caleg PDIP di Soloraya Somasi KPU

Rabu, 24 April 2024 | 09:37 WIB
header img
Para caleg PDIP dari sejumlah kabupaten kota di Jawa Tengah yang terancam gagal dilantik gegara sistem komandante. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id – Sejumlah Calon Legislatif (Caleg) dari PDIP di Soloraya melayangkan somasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mereka sebelumnya terancam gagal dilantik gegara sistem KomandaTe yang diterapkan internal partai di Jawa Tengah (Jateng).

Somasi yang dilayang per 23 April 2024, dilakukan sejumlah Caleg PDIP dari Kabupaten Klaten, Sragen, Karanganyar, dan Sukoharjo.

“Dalam somasi, juga dijelaskan bahwa mereka tidak pernah membuat dan menandatangani surat pernyataan mengundurkan diri sebagaimana diatur dalam ketentuan pasal 426 ayat 1 khususnya huruf (a) UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu,” kata kuasa hukum para caleg, Sri Sumanta, Rabu (24/4/2024).

Para caleg yang melayangkan somasi, berhak ditetapkan sebagai anggota DPRD periode 2024-2029. Sebab mereka peraih suara terbanyak dalam Pemilu 2024. Sehingga tidak ada alasan hukum apapun yang mendasari mereka untuk tidak dilantik.

"Apabila melakukan upaya inkonstitusional, termasuk dengan memaksakan adanya surat pernyataan mengundurkan diri yang nyata-nyata cacat hukum dan tidak memiliki kekuatan hukum apapun, patut diduga KPU telah menyalahgunakan kewenangan dan melakukan pemalsuan surat sebagaimana diatur dalam pasal 263 KUHP dan dugaan melanggar perdata/TUN/Etika sebagai penyelenggara pemilu," ucapnya.

Karena itu, pihaknya mengingatkan KPU agar senantiasa bertindak cermat, teliti dan hati-hati serta berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, menunjung tinggi nilai-nilai integritas dan sumpah jabatan.

Selain dikirimkan ke KPU tempat keberadaan caleg, somasi juga ditembuskan ke KPU RI, KPUD Jawa Tengah, Bawaslu RI, Bawaslu Jawa Tengah, Ketua DKPP RI, Ketua DPP PDIP, DPD PDIP Jawa Tengah serta ke Ketua DPC PDIP dimana caleg berdomisili.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Berita iNews Sleman di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut