get app
inews
Aa Read Next : Daftar Cabup Kulonprogo, Novida Kartika Hadhi Bawa Nasi Wiwit

Malaria Masih Muncul di Perbukitan Menoreh, Kulonprogo-Purworejo Sepakat Cegah Penularan

Jum'at, 03 Mei 2024 | 18:19 WIB
header img
Kabupaten Kulonprogo dan Purworejo sepakat melakukan perjanjian kerja sama dalam pengendalian dan pencegahan Malaia. (foto: kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo mencatat ada enam kasus malaria yang ditemukan pada awal tahun 2024. Kulonprogo sebelumnya pernah meraih eliminasi malaria pada 2022, meski pada 2023 ada temuan 10 kasus. 

Enam kasus ini terdiri atas tiga kasus di Banjarsari, Samigaluh dan dua kasus di Hargotirto, Kokap yang berada di Perbukitan Menoreh. Sedangkan satu kasus lainnya ditemukan di Srikayangan, Sentolo. 

“Kasus ini tidak hanya di perbukitan karena kini ditemukan di Srikayangan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Sri Budi Utami, pada Sosialisasi dan Penandatangan Kerja Sama dalam penanganan dan pencegahan penyakit malaria antara Kapanewon Girimulyo (Kulonprogo) dengan Kapanewon Kaligesing (Purworejo), Jumat (3/5/2024). 

Pada 2022 Kulonprogo telah meraih predikat eliminasi Malaria. Untuk itu terus dilakukan upaya pencegahan dan survei. Hasilnya pada 2023 ditemukan 10 kasus, satu dari kunjungan rumah dan satu dari survei migrasi (pendatang). Delapan lainnya dari survei malaria pasif. 

“Untuk penanggulangan malaria perlu dilakukan promosi kesehatan, pengendali faktor resiko, surveilans dan penanganan kasus,” katanya. 

Panewu (Camat) Girimulyo, Endah Wulandari mengatakan, kegiatan ini sebagai implementasi rencana aksi perubahan diklat PKA administrator angkatan pertama 2024. Kegiatan ini untuk mengajak semua elemen yang ada di masyarakat untuk ikut menjaga eliminasi malaria baik di Girimulyo maupun di Kaligesing (Purworejo) yang berbatasan langsung. 

“Ini merupakan upaya untuk mendukung progran nasional eliminasi malaria se Jawa dan Bali pada 2025,” katanya. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut