Mitra Bukalapak terus berkomitmen meningkatkan taraf hidup pelaku usaha mikro dengan melibatkan Komunitas Juwara, yang saat ini memiliki lebih dari 130.000 anggota. Selain menghadirkan fasilitas digital yang mumpuni serta mudah diakses di setiap area, Mitra Bukalapak juga berhasil meningkatkan pendapatan mereka hingga tiga kali lipat.
Pemilik Warung Cakap Teknologi
Udin, semula hanya membantu ibunya dalam berjualan soto di warung. Namun, dengan semangat kewirausahaan yang tinggi, ia memulai usaha sendiri dari ruang tamu dan aktif mengeksplorasi hal-hal baru yang dapat membantu dalam berjualan.
"Sejak 2017, saya menggunakan Mitra Bukalapak untuk keperluan transaksi. Dua tahun berikutnya, saya mulai memanfaatkan WhatsApp Business untuk interaksi dengan pelanggan. Dan baru-baru ini, saya juga aktif mencoba aplikasi seperti Canva dan Capcut untuk membuat materi promosi," ucap Udin.
Dengan pertumbuhan usahanya yang semakin pesat, Udin mampu menambah printer untuk fotokopi dan kulkas untuk menjual minuman kemasan. Selain itu, ia juga melengkapi warungnya dengan berbagai metode pembayaran non-tunai seperti QRIS dan kartu debit.
Melalui Program Mentorship, Udin mengajak pemilik warung lainnya untuk lebih berani berinovasi dan keluar dari zona nyaman dengan memperkaya diri melalui pengoptimalan teknologi. Menurutnya, pemanfaatan fitur yang tersedia di ponsel masing-masing merupakan kunci agar usaha dapat terus relevan.
“Materi dan pengalaman yang disampaikan Juragan Udin dalam sesi mentorship sangat menginspirasi. Selain dapat menjawab pelanggan secara otomatis, pengelompokan pelanggan menggunakan label dengan WhatsApp Business membantu pelayanan saya jadi lebih cepat dan efektif,” kata Ahmad, pemenang utama misi mentorship batch 4.
Sejak bergabung dengan Mitra Bukalapak, Ahmad bukan hanya mendapat pengetahuan baru untuk meningkatkan operasional warung, namun juga kenaikan pendapatan hingga dua kali lipat.
Editor : AW Wibowo