get app
inews
Aa Read Next : Bandara YIA Prospek Jadi Embarkasi Haji

Dies Natalis ke-60, UNY Jadikan Pedukuhan Terbah dan Serut di Kulonprogo Jadi Kampung Emas

Minggu, 05 Mei 2024 | 19:14 WIB
header img
Rektor UNY Prof Sumaryanto menyaksikan penandatangan kesepakatan kerjasama antara UNY dan Pemkab Kulonprogo dalam rangkaian baksos dalam rangkaian Dies natalis ke-60. (foto: kuntadi)

KULONPROGO,iNewssleman.id - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menetapkan Pedukuhan Terbah dan Serut di Kalurahan Pengasih, Kapanewon Pengasih, Kulonprogo sebagai kampung emas. Kampus akan melakukan serangkaian kegiatan dalam pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. 

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof Sumaryanto mengatakan, dalam rangkaian Dies Natalis UNY ke-60 mereka menggelar bakti sosial di Kapanewon Pengasih. Kegiatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan, pemberian paket pendidikan, pendampingan stunting hingga paket literasi, pembagian sembako dan pasar murah. 

“Ini menjadi komitmen dan pengabdian UNY dalam rangka Dies Natalis UNY ke-60,” katanya, Minggu (4/5/2024).

UNY juga sedang melakukan penjajakan dan langkah awal dari program kampus emas di Terbah dan Serut. Kampung emas di dua pedukuhan ini akan memiliki ciri Elok, Maju, Agamis dan Sejahtera (EMAS). 

“Dengan terselenggaranya kampung emas, maka UNY akan memprioritaskan Kalurahan Pengasih pada berbagai kegiatan seperti PKM, penelitian dan kolaborasi kelembagaan. Sehingga diharapkan hal ini dapat meningkatkan kualitas SDM dan memberikan kesempatan bagi warga Pengasih untuk berkembang dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh UNY,” ujarnya.

UNY juga memberikan kesempatan terkait pemanfaatan aset yang dimiliki, baik lapangan sepak bola berstandar nasional maupun kolam renang. 

“Kapan-kapan digelar lomba antar RT atau pekan olah raga kampung antar RT,” ujarnya.

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut