get app
inews
Aa Read Next : Kamagrista UNS Dorong Pemanfaatan Limbah Jahe di Genengan Karanganyar

Bengawan Team UNS Kenalkan Kendaraan Hemat Energi Nirankara 2.0

Selasa, 28 Mei 2024 | 18:54 WIB
header img
Bengawan Team UNS Solo mengenalkan prototipe kendaraan hemat energi dengan nama Nirankara 2.0 di kampus setempat, Selasa (28/5/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Bengawan Team Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengenalkan prototipe kendaraan hemat energi karya mahasiswa. Kendaraan diberi nama Nirankara 2.0.

Prototipe gasoline Nirankara 2.0 merupakan kendaraan hemat energi beroda tiga penyempurna generasi sebelumnya, yaitu Nirankara 1.0. Pada model terbaru, tim berhasil mengurangi berat kendaraan hingga 15 kilogram. Untuk pencapaian tahun 2023 lalu di Sirkuit Ancol Jakarta mendapatkan skor 766 kilometer per liter.

“Mobil ini bernama Nirankara 2.0. Mobil ini memiliki bobot yang lebih ringan daripada model sebelumnya. Sebelumnya Nirankara 1.0 memiliki berat 60 kilogram dan model terbaru kali ini hanya seberat 45 kilogram belum termasuk bobot driver,” kata General Manager Bengawan Team UNS 2024, Adam Sulthoni Wibowo, Selasa (28/5/2024).

Juli mendatang, Bengawan Team UNS akan berkompetisi dalam She'll Eco-Marathon World Championship 2024 yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok. Kompetisi berikutnya adalah Kontes Mobil Hemat Energi 2024 di Sirkuit Ancol akhir tahun ini.

“Untuk saat ini persiapan sudah mencapai 80 persen, tinggal finishing, semoga event di tahun ini mendapatkan skor yang lebih dari tahun sebelumnya dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” katanya.

Pembina Bengawan Team UNS, Prof Syamsul Hadi menyampaikan kebanggaan terhadap Tim Bengawan yang selalu meraih prestasi dan melakukan upgrade pada kendaraan hemat energi. Ia juga menyampaikan banyak terima kasih kepada rektorat dan Pemkot Solo yang telah mendukung kegiatan tim.

“Setiap tahun, Tim Bengawan berhasil menorehkan karya-karya baru, mengikuti perkembangan zaman. Semoga apa yang diinisiasi adik-adik, dan juga karya spektakuler tahun ini yang didukung penuh oleh rektorat, bisa menghasilkan sebaik-baiknya untuk UNS tercinta,” ucapnya.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Ahmad Yunus ikut bangga dengan kemajuan inovasi dari Tim Bengawan UNS dan mendoakan keberhasilan dalam kompetisi di Sirkuit Mandalika nanti.

"Mudah-mudahan Tim Bengawan sukses di perlombaan Sirkuit Mandalika dan meraih penghargaan lagi," tuturnya.

 

 

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut