get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Kerja, Pekerja Migran Indonesia Asal Kulonprogo Meninggal di Papua New Guinea

Beri Bantuan Ternak Kambing, Baznas Berdayakan Mustahik di Kulonprogo

Jum'at, 14 Juni 2024 | 11:34 WIB
header img
Deputi 2 Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Imdadun Rahmat melihat bantuan ternak di Balai Ternak Harjo Kulonprogo. (foto: kuntadi)

KULONPROGO, iNewssleman.id - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberdayakan warga miskin di Kulonprogo dengan meluncurkan Program Balai Ternak. Mereka menyalurkan 279 ekor kambing untuk memberdayakan ekonomi masyarakat melalui sektor peternakan.

Program Balai Ternak ini diluncurkan di Kelompok Ternak Berkah Harjo di Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Selasa (11/6/2024). Secara simbolis peluncuran dilakukan oleh Deputi 2 Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Imdadun Rahmat. 

“Program ini untuk mengetaskan kemiskinan, serta meningkatkan kesejahteraan umat melalui program pemberdayaan ekonomi,” kata dia. 

Menurutnya, program balai ternak merupakan langkah strategis untuk memanfaatkan potensi peternakan di Kulonprogo. Harapannya bisa menggerakan perekonomian masyarakat dan dapat memulihkan kondisi ekonomi mustahik
 
"Program ini dirancang sebagai pusat pembiakan dan penggemukan hewan ternak, serta sebagai pusat pelatihan bagi peternak,” ujarnya. 

Program di Kulonprogo terhitung per bulan Juni 2024 sudah menghasilkan hewan ternak sebanyak 279 ekor. Rinciannya 2 ekor pejantan dorper, 125 ekor indukan, 75 ekor bakalan jantan, 50 ekor bakalan betina, 8 ekor anak jantan, dan 19 ekor anak betina.

“Jumlah peternak mustahik binaan ada 25 kepala keluarga,” katanya. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut