get app
inews
Aa Read Next : MWA UNS Tetapkan 5 Bakal Calon Rektor Periode 2024-2029, Ini Daftarnya

5 Bakal Calon Rektor UNS Solo Ikuti Forum Uji Publik

Selasa, 02 Juli 2024 | 23:07 WIB
header img
Forum uji publik pemilihan Rektor UNS Solo periode 2024-2029, Selasa (2/7/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Lima Bakal Calon Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo periode 2024-2029 mengikuti forum uji publik, Selasa (2/7/2024). Uji Publik merupakan rangkaian dari tahapan pemilihan Rektor UNS.

Forum uji publik digelar di hadapan para Panelis, Majelis Wali Amanat (MWA), Senat Akademik (SA) UNS dan Dewan Profesor UNS. Forum Uji Publik dilakukan secara luring di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS dan daring melalui kanal Youtube Universitas Sebelas Maret.

Kelima Bakal Calon Rektor UNS yang mengikuti forum uji publik yaitu Prof Dr Ir Cucuk Nur Rosyidi, S.T, M.T (Fakultas Teknik UNS); Prof Dr Fitria Rahmawati, S.Si, M.Si (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS); Prof Dr Hartono, dr, M.Si (Fakultas Kedokteran UNS); Prof Dr E Muhtar, S.Pd  M.Si, CFrA (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS); dan Prof. Warsito S.Si, DEA, Ph.D (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung-Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan).

Ketua Panitia Pemilihan Rektor (PPR) UNS, Prof Dr Mohammad Jamin S.H, M.Hum menyampaikan, berdasarkan Peraturan Majelis Wali Amanat (PMWA) UNS No. 1/2024 tentang Tata Cara Pengangkatan Rektor, Juncto PMWA UNS No. 4 /2024 tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor 2024-2029, Juncnto Keputusan MWA UNS No. 6/UN27.MWA/HK/2024 tentang Jadwal Pemilihan Rektor Masa Jabatan Tahun 2024-2029, tahap penyaringan terdiri atas tahap masukan dari warga kampus terhadap Bakal Calon Rektor yang telah dilaksanakan secara daring sejak 5 Juni hingga  2 Juli 2024 pukul 23.59 WIB.

Kemudian forum uji publik Bakal Calon Rektor oleh Panelis yang dilaksanakan pada Selasa (2/7/2024). Berdasar regulasi yang ada, Forum Uji Publik dilakukan melalui reviu oleh panelis yang terdiri atas 4 perwakilan dari SA, dan 4 perwakilan dari Dewan Profesor. Bertindak sebagai moderator dalam Forum Uji Publik adalah Prof Dr Agus Kristiyanto, M.Pd yang merupakan Guru Besar Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS.

“Forum Uji Publik dihadiri oleh anggota MWA, DP, dan SA, dan disiarkan streaming melalui kanal Youtube. Forum Uji Publik saat ini diikuti oleh 5 Bakal Calon Rektor,” kata Jamin.

Dikatakannya, masukan warga kampus merupakan bentuk partisipasi dan pelibatan stakeholder dalam Pemilihan Rektor agar suara publik dapat menjadi pertimbangan bagi MWA yang memiliki kewenangan dalam memilih Rektor.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut