get app
inews
Aa Read Next : Alumni SMA Patbhe Yogyakarta Gelar Reuni Perdana Setelah 30 Tahun Lulus

Semarak Festival Layang-layang Internasional jadi Pesta Rakyat di Parangkusumo

Minggu, 28 Juli 2024 | 13:04 WIB
header img
13 negara mengikuti Jogja International Kite Festival (JIKF) 2024 pada  27-28 Juli 2024 di Pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto Ist

BANTUL, iNewsSleman.id-Sebanyak 13 negara mengikuti Jogja International Kite Festival (JIKF) 2024 pada  27-28 Juli 2024 di Pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Event tahunan JIKF kali ini mengusung tema Persatuan dan Perdamian Dunia.

Peserta dari 13 negara, seperti Malaysia, Jerman, Amerika Serikat, Korea Selatan, Hong Kong hingga India, serta yang dari dalam negeri terdiri individu dan klub layang-layang, akan memperebutkan Piala Raja Hamengku Buwono. 

Ketua Umum Talikama RM Herdjuno selaku penyelenggara mengatakan, pemilihan Pantai Parangkusumo dilakukan karena membentang sepanjang 1,5 kilometer dan panjang bibir pantai mencapai 200 meter sehingga memungkinkan menampung banyak pengunjung. 

"Hembusan angin dari arah laut memungkinkan menerbangkan layang-layang sejenis train naga yang panjangnya mencapai 150 meter dan bisa mengakomodasi lebih dari 285 pelayang dan 50.000 penonton," kata RM Herdjuno dalam pernyataan tertulis yang diterima iNews.id Network, Minggu (28/7/2024).          

Sementara Perwakilan dari Kemenparekraf, Deputi staf Ahli Menteri Kemenparekraf Fadjar Hutomo menyambut positif kegiatan ini karena event ini adalah salah satu yang terbesar yang bisa menjadi magnet wisata di Jogyakarta. 

"Kami sangat mensupport acara ini karena Jogyakarta adalah salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan mancanegara dan domestik. Festival layang-layang internasional ini adalah yang terbesar karena diikuti oleh 13 negara. Tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar layang-layang. Selain itu, saya melihat acara ini mampu menyedot ribuan pengunjung Yang tenrunya menjadi hiburan sendiri bagi masyarakat sekitar dan berdampak terhadap industri wisata dan masyarakat di sekitar," kata dia. 

Selain kontes layang-layang yang akan menghiasi langit Yogyakarta, JIKF 2024 juga diramaikan dengan performa tari tradisional, workshop, bazar UMKM dan lomba foto. Suksesnya acara ini tentunya didukung oleh Komunitas Layang-layang, pemeirntah Daerah dinas terkait dan para sponsor salah satunya produk sosis siap makan Fiesta Ready-to-Go.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut