get app
inews
Aa Read Next : UMS dan MIM PK Kertonatan Luncurkan Program Media Pembelajaran Augmented Reality

Gala Dinner KKNMAs 2024, Rektor UMS: Mahasiswa Belajar Mendapatkan Solusi

Rabu, 11 September 2024 | 14:03 WIB
header img
Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof Dr Sofyan Anif M.Si saat memberikan sambutan dalam gala dinner KKNMAs Tahun 2024, Selasa (10/9/2024) malam. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar gala dinner dengan mengundang sejumlah pihak yang terkait Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah 'Aisyiyah (KKNMAs) Tahun 2024.

Jamuan makan malam mengundang pimpinan lembaga, panitia, dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) di Hall Gedung Induk Siti Walidah UMS, Selasa (10/9/2024).

Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif, M.Si menyampaikan berterima kasih, terutama kepada para pimpinan perguruan tinggi yang telah berkenan untuk mengirimkan peserta KKNMAs 2024.

“Ketua Panitia Lokal KKNMAs 2024 sempat khawatir terkait dengan jumlah peserta yang mungkin kurang dari target. Namun kemudian pada kenyataannya banyak perguruan tinggi yang mengirimkan mahasiswanya,” kata Sofyan Anif melalui siaran pers Humas UMS, Rabu (11/9/2024).

Dikatakannya, keberadaan KKNMAs ini dapat dilihat dari sisi-sisi kemanfaatan. Meskipun mahasiswa tidak dapat menyelesaikan segalanya, tetapi yang penting mahasiswa itu bisa bertemu dengan masyarakat dan menganalisis masalah.

Sehingga mahasiswa sudah belajar untuk mendapatkan solusi tersebut. Dia menekankan bagaimana mahasiswa sebagai kader bangsa mulai kehilangan nilai-nilai budayanya.

"Nanti tahun 2045 diharapkan menjadi kader-kader bangsa. Kader-kader bangsa itu tidak sekedar menguasai IPTEK, tapi juga harus memiliki kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan untuk pembangunan bangsa. Menjunjung tinggi nilai etika, menjunjung tinggi moralitas bangsa dan punya kemampuan-kemampuan bagaimana kita melakukan proses lobi kerjasama, tolong menolong," tegasnya.

Menurutnya, yang paling penting adalah bagaimana dalam KKNMAs ini dapat menanamkan kepada mahasiswa terkait dengan aspek toleransi.

Rektor juga berpesan bahwa ada nilai penting untuk melakukan kerja sama antara kabupaten atau kota dengan perguruan tinggi untuk dapat mengembangkan daerahnya.

Selanjutnya Sofyan Anif mempersilakan tamu undangan untuk dapat menikmati jamuan malam hari ini.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut