get app
inews
Aa Read Next : UMS dan MIM PK Kertonatan Luncurkan Program Media Pembelajaran Augmented Reality

Tim UMS Tingkatkan Potensi Singkong Kingkong di Kaligentong Boyolali

Jum'at, 13 September 2024 | 08:37 WIB
header img
Pemberdayaan Desa Binaan di Desa Kaligentong, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali. Foto: Ist.

SOLO, iNewSleman.id – Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan Muhammadiyah (LPMPP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapatkan 19 judul atau kegiatan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan berasal dari hibah skema Pengabdian Masyarakat Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Pendidikan Tinggi Tahun Anggaran 2024.

Salah satu judul atau topik hibah pengabdian pada masyarakat multitahun adalah Pemberdayaan Desa Binaan (PDB) di Desa Kaligentong, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali. Kegiataan diketuai Prof Dr Muhtadi M.Si dari Fakultas Farmasi UMS. 

“Kegiatan PDB di Kaligentong bertujuan mendampingi masyarakat untuk meningkatkan potensi lokal, khususnya Singkong Kingkong untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat di Dukuh Gudang desa Kaligentong," kata Muhtadi melalui siaran pers Humas UMS, Jumar (13/9/2024).

Kegiatan PDB melibatkan Kelompok Tani Marsudi Margo Mulyo, Kebun Bibit Desa (KBD) Suharno, dan Ibu-ibu PKK di dukuh Gudang desa Kaligentong. Beberapa kegiatan pendampingan dan pelatihan yang telah disepakati meliputi AMT dan Capacity Building mitra, pengenalan aneka produk olahan pangan berbasis Singkong Kingkong.

Berikutnya pelatihan pengembangan produk olahan dari Singkong Kingkong. Pendampingan pemberdayaan Ibu-ibu PKK dan kelompok tani dalam dalam peningkatan keterampilan produksi olahan pangan berbasis singkong, oendampingan pembuatan kemasan dan pengurusan P-IRT, serta strategi pemasaran produk baik secara offline maupun online.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut