get app
inews
Aa Read Next : Selamat, UMS Sabet Penghargaan Industrial Engineering Awards 2024

Peserta Wirausaha Merdeka UMS Digembleng Matangkan Rintisan Bisnis

Kamis, 26 September 2024 | 14:20 WIB
header img
Mahasiswa peserta Wirausaha Merdeka UMS terus digembleng guna mematangkan bisnis yang akan dikembangkan. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Mahasiswa peserta Wirausaha Merdeka Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) terus digembleng agar dapat merintis bisnis. Mereka mengikuti kelas guna mematangkan bisnis yang akan dikembangkan.

Bersama founder Akeyodia, Edwin Indarto MP, mahasiswa peserta Wirausaha Merdeka Kampus Merdeka (WMK) UMS menyampaikan rencana, dan strategi bisnis dengan memakai analisis SWOT, dan implementasi bisnis dengan bussiness model canvas.

Edwin Indarto MP yang merupakan dosen Universitas Gadjah Mada, menyampaikan banyak poin mengenai bagaimana cara menjadi entrepreneur yang sukses. Dia kemudian mengenalkan tentang bagaimana seharusnya bisnis berjalan.

Dia mencontohkan, banyak orang tua yang melakukan bisnis tetapi hanya dengan sales dan marketing, yaitu mengenalkan produk dan kemudian penjualan.

"Yang tidak mereka lakukan adalah branding. Janganlah lakukan seperti yang mereka lakukan," kata Edwin Indarto melalui siaran pers Humas UMS, Kamis (26/9/2024).

Ia menginginkan para calon wirausahawan muda melakukan branding ke produk yang diciptakan. Ada 4 pilar bisnis yang penting, yaitu leadership financial acumen, sales and marketing engine, bussiness system, dan team building,

Edwin juga menyampaikan bahasa dalam kehidupan terutama bisnis, tidak ada yang namanya kegagalan, tetapi adanya feedback.

Salah satu peserta WMK, Alifah Addin Rakasiwi menyampaikan, pada awalnya dirinya merasa ragu dengan diri sendiri dan takut.

"Padahal saya memiliki ide-ide dalam otak, tapi saya ragu dalam melangkah bisnis untuk ke depan. Setelah mengikuti seminar dari Coach Edwin, saya lebib merasa yakin dan optimistis bahwa bisnis yang  akan saya jalankan bisa menguntungkan bagi lingkungan dan mendapatkan profit yang besar," ucap Alifah Addin Rakasiwi.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut