get app
inews
Aa Read Next : Disabilitas Kreatif Bantul Dukung Untoro-Wahyudi Maju Pilkada 2024, Ini Alasannya

Cabup Bantul Untoro Hariadi Siap Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Rabu, 09 Oktober 2024 | 14:32 WIB
header img
Cabup Bantul nomor urut 1 Untoro Hariadi melihat panen bawang merah di bulan Ngunan-unan, Srigading, Sanden, Selasa (8/10/2024). (Foto: istimewa)

Di sisi lain, Untoro juga menyoroti maraknya alih fungsi lahan pertanian di Bantul. Banyak lahan produktif beralih fungsi menjadi kawasan permukiman. Hal ini menjadikan lahan pertanian semakin menyusut.  

“Pemerintah harus menyiapkan ekosistem pertanian yang berkelanjutan untuk mengamankan petani-petani kita,” tutur Untoro. 

Untoro juga menekankan pentingnya regenerasi petani. Estafet pembangunan pertanian ke depan akan dilanjutkan oleh generasi muda. Sumber daya manusia pertanian ke depan harus berkualitas andal, berkemampuan manajerial, serta berjiwa kewirausahaan. 

“Sektor pertanian sangat penting untuk dikuatkan karena memiliki mata rantai untuk menumbuhkan peluang usaha untuk sektor-sektor lain, salah satunya UMKM,”katanya. 

Paslon nomor urut 1 telah merancang Pancacita Bantul, yang salah satu program prioritasnya adalah Satu Desa Satu Entrepreneur. Dari pertanian yang kuat akan menghasilkan entrepeneur yang kuat pula.

Petani bawang merah di Dusun Ngunan-Unan, Sumar mengatakan, panenan kali ini kualitasnya menurun jauh dibanding tahun-tahun sebelmnya. Dia berharap pemerintah turun tangah mmebantu petani untuk menyelesaikan permasalahan agar tidak merugi.  

"Kami ingin pemimpin Bantul memperhatikan petani,” katanya. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut